Raih 11 Gelar Akademik dan 72 Non Akademik, Achmad Tarmizi Kini Perdalam Belajar Ilmu Sunah

Vitrianda Hilba Siregar
Achmad Tarmizi peraih 11 gelar akademik dan 72 gelar non akademik kini menyibukkan diri belajar ilmu agama. Foto: Youtube Helmy Yahya Bicara.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Meraih gelar akademik 11 gelar dan non akademik 72 gelar membuat Achmad Tarmizi, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menjadi orang yang mempunyai gelar terpanjang. Dengan raihan itu Achmad Tarmizi pun masuk dan terdata alam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Namun dibalik kesuksesan akademik itu kini Achmad Tarmizi menyibukkan diri menimba ilmu agama, ilmu sunah. Keingian kuat Achmad menimba ilmu sunah diawali saat dia berada di titik nadir terendah, bahkan di ujung kematian. Hal disampaikannya dalam podcast Channel Youtube Helmy Yahya Bicara.

Achmad Tarmizi bercerita pada saat pandemi Covid-19 dirinya dinyatakan positip. Dia mengaku saat itu dirinya berada di titik nadir terendah, di ujung kematian. "Saya sudah pasrah, saturasi hanya 80 persen. Saya sudah dipasangi ventilator. Namun Alhamdullilah, anak saya yang dokter merawat saya di rumah selama 6 bulan lamanya," ujarnya.
 
"Alhamdulillah saya sembuh dalam perwatan 6 bulan. Disitu saya sadar, saya ditegur Allah, kamu kejar dunia, kejar makan, kejar jabatan, Padahal dunia sementara saja," sebutnya mengisahkan.

Dari titik itulah saya belajar ilmu agama, belajar ilmu sunah." Saya belajar-belajar dari youtube ustaz-ustaz ternama. Sampai sekarang saya terus belajar," ujarnya.  

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Daerah, Ahmad Tarmizi menceritakan bahwa ia sebelumnya bekerja sebagai Kepala Dinas Pendidikan. "Sebelum menjadi Kepala Dinas Pendidikan, saya bekerja sebagai guru PNS, bahkan sebelumnya saya menjadi guru honorer," ujar Ahmad Tarmizi.

Ahmad Tarmizi menceritakan bahwa pada awal kariernya sebagai guru honorer pada tahun 1991, ia hanya dibayar sebesar Rp1.500, dan bayaran tertinggi yang pernah diterimanya adalah Rp3.000. "Itulah yang saya terima saat menjadi guru honorer di 5 sekolah, dengan jam kerja dari jam 07.00 pagi hingga jam 5 sore, mulai dari Senin hingga Sabtu," ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan rasa sedihnya saat siswa-siswa mendapatkan libur panjang, karena ia tidak bisa mengajar dan akhirnya tidak mendapatkan bayaran sebagai guru honorer. "Saya merasa sedih jika siswa-siswa memiliki libur panjang di sekolah, karena pada saat itu saya tidak dapat mengajar, dan akhirnya tidak mendapatkan penghasilan," tambah Ahmad Tarmizi sambil tersenyum.

Berikut gelar-gelar yang diterima Achmad Tarmizi selengkapnya:

11 Gelar akademik:

Dr, Drs, Ir, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC).

72 Gelar non akademik:

- CH, CHt, CHA, NNLP Pract, M.NNLP, CT.NNLP, CPHCM, HCBP, HCMP, CNHRP, CNPSP, CT.NPS, CHMP, CT.HM, CHLP, CT.HL, CHSP, CT.HS.

- CNSPP, CT.NSP, CNBLP, CT.NBL, CNSHP, CT.NSH, CNSCP, CT.NSC, CHPP, CT.HP, CNTP, CNICP, CT.NIC, CRBC, AWP, QWP, CTOT,

- CHRMP, C.SH, IPU, C. STMNI. Int’l, CPS, CPSP, CLA, C.PW, CSHWP, C.IB, CTAP, RFP, CPR, C.MARCOM, C.HRD, C.NLMOR, C.FH., CMFH, C.MMI.

- CT.MMI, CT-ALC, C.MGR, CSS.ALC, C.Pst, C.Ext, C.Hs, C.IT, C.AT, C.ME, C.Spk, C.CC, C.LA-ALC, C.LSc, CRBD, CT.NHT, CT.NHR, ASEAN Eng

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network