JAKARTA, iNewstangsel.id - Ajang Indonesia International Baby Products & Toys Expo (IBTE Indonesia) 2025 menjadi sorotan pecinta mainan dan koleksi. Salah satu yang menjadi daya tarik dengan hadirnya Kayou, perusahaan hiburan asal Tiongkok, yang untuk pertama kalinya tampil di panggung internasional lewat pameran di Jakarta. Sehingga Indonesia pasar penting dalam industri hiburan global.
“Dengan jumlah penduduk yang besar dan dominasi anak muda, Indonesia memiliki potensi besar untuk perkembangan produk koleksi dan hobi,” kata Perwakilan Kayou, Chen Zhao, di Jakarta.
Menurut Chen Zhao, langkah debut di Jakarta menjadi momen untuk memahami tren lokal sekaligus merespons kebutuhan generasi muda. Sehingga menambah warna dalam tren gaya hidup anak muda. Di mana gim, anime, dan koleksi fisik berpadu menjadi budaya pop yang terus berkembang.
“Kami belajar tentang pasar Indonesia. Jakarta kini ikut menjadi bagian dari panggung global tersebut,” tegasnya.
Dia menjelaskan, di pameran tersebut, pengunjung disuguhi lebih dari 20 karakter populer dunia, mulai dari My Little Pony hingga Naruto. Tak hanya itu, dua judul gim yang sangat dekat dengan generasi muda Asia Tenggara juga ikut dihadirkan dalam bentuk kartu koleksi Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).
“Kedua gim ini bukan sekadar hiburan digital, melainkan juga bagian dari gaya hidup anak muda saat ini. Apalagi, kedua gim tersebut sempat menjadi gim mobile paling banyak diunduh di dunia,” ungkapnya.
Kartu koleksi dari dua gim ini menghadirkan dimensi baru dalam budaya fandom dari layar ponsel ke meja koleksi.
“Bagi penggemar, memiliki kartu tersebut tak sekadar soal permainan, tetapi juga simbol identitas, nostalgia, dan cara baru untuk terhubung dengan komunitas global,” imbuhnya.
Editor : Aris