get app
inews
Aa Read Next : Eko Darmanto Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Ditahan KPK Terkait Gratifikasi Rp 18 Miliar

ABG Asal Korea Pindah Sekolah ke Bondowoso, Ingin Belajar Bahasa Indonesia dan Mendalami Agama Islam

Rabu, 16 Agustus 2023 | 11:41 WIB
header img
Moon Soo Ryeon (14) bersekolah di kelas 7B Al-Lail, SMP IT BIC 02 Poncogati, Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) yang pindah sekolah dari Haundae-gu, Busan, Korea (Ilustrasi SMP IT BIC 02 Poncogati)

BONDOWOSO, iNewsTangsel.id - Tidak hanya remaja perempuan Indonesia yang menyukai Korea, hal yang sama juga terjadi dengan anak baru gede (ABG) jenis kelamin yang sama asal Negeri Ginseng tersebut. 

Malahan, dia bersekolah di kelas 7B Al-Lail, SMP IT BIC 02 Poncogati, Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) yang pindah sekolah dari Haundae-gu, Busan, Korea.

Dia bernama Moon Soo Ryeon (14) yang memiliki seorang ibu kandung sebagai penterjemah  di Asosiasi Pekerja Migran Indonesia dan merupakan warga asli Bondowoso.

Ayahnya sudah meninggal dunia akibat Covid-19 di Korea yang mulai diteruskan kehidupan dia dengan orang tua laki-laki sambung berasal dari Yogyakarta yang bekerja di sebuah pabrik di Korea.

Keinginan Moon Soo Ryeon ke Indonesia tidak hanya ingin bertemu dengan ibunya, tetapi ingin mempelajari budaya Indonesia dan agama Islam lantaran keyakinan ini minoritas di Korea.

Kemauan yang sama juga diutarakan orangtua Moon Soo Ryeon supaya bisa belajar agama Islam di SMP IT BIC 02 Poncogati secara baik. 

Dia juga berminat mempelajari Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi secara baik yang dilakukannya setiba di Indonesia sejak dua pekan lalu. 

"Suasana dan lingkungan di Bondowoso sangat asyik, sehingga menambah semangat saya untuk terus belajar dan menjalin kebersamaan dengan baik," katanya. 

Dengan begitu Moon Soo Ryeon Menyusun sebuah buku berjudul ‘Hangul, Indonesia Korea. Hal ini sebagai ekspresi menyukai teman-temannya di SMP IT 2 BIC yang dinilai sangat ramah. 

Sebelumnya, artikel ini telah tayang di iNews Bondowoso dengan judul ‘Warga Korea Moon Soo Ryeon Sekolah di Bondowoso, Ingin Belajar Agama Islam’ yakni Warga Korea Moon Soo Ryeon Sekolah di Bondowoso, Ingin Belajar Agama Islam (inews.id)

Editor : Mochamad Ade Maulidin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut