get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Diskriminasi PN Tangerang Terhadap Orang Miskin yang Berperkara Jadi Sorotan!

Semakin Memprihatinkan, Kualitas Udara di Tangsel Masuk Kategori Sangat Tidak Sehat

Senin, 18 September 2023 | 00:52 WIB
header img
Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta.

TANGERANG SELATAN, iNewsTangsel.id - Kualitas udara di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) sangat darurat dan semakin memprihatinkan.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari berbagai sumber, tingkat polusi udara di wilayah Tangsel telah mencapai tingkat yang sangat tinggi. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Tingkat polusi udara ini disebabkan salah satunya oleh polutan utama ozon (03) yang mencapai 156.45 µg/m3, sehingga dikategorikan sebagai “sangat tidak sehat."

Konsentrasi tinggi ozon dapat berdampak serius pada sistem pernapasan manusia dan kesehatan secara keseluruhan.

Polutan lain yang menyebabkan polusi udara di wilayah ini adalah karbon monoksida (CO) yang memiliki tingkat 670 µg/m3, dalam kategori “baik."

Kemudian nitrogen dioksida (NO2) tercatat sebesar 22.82 µg/m3, juga dalam kategori “baik." Berikutnya, PM10 (materi partikulat kurang dari 10 mikron) mencapai 68.52 µg/m3, diklasifikasikan sebagai “sedang."

Selanjutnya, PM2.5 (materi partikulat kurang dari 2,5 mikron) tercatat sebesar 46.86 µg/m3, dikategorikan sebagai “tidak sehat untuk kelompok sensitif."

Lalu, sulfur dioksida (SO2) memiliki tingkat 25.29 µg/m3, dalam kategori "Baik."

Berkaitan dengan kondisi tersebut, sangat berpotensi memberikan dampak serius pada kesehatan masyarakat. Semua orang, tanpa terkecuali, diharapkan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan segera, seperti membatasi aktivitas di luar ruangan, menghindari berolahraga keras, dan menggunakan masker wajah atau alat pelindung pernapasan jika diperlukan.

Mengingat tingkat polusi yang tinggi, masyarakat dihimbau untuk menjaga diri dan tetap mengakses informasi tentang kondisi udara saat ini. Hal ini juga seharusnya juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah setempat dan organisasi terkait untuk melakukan upaya lebih lanjut dalam mengatasi polusi udara.

Masyarakat juga diminta berperan aktif dalam menjaga kualitas udara agar tetap bersih dan sehat.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut