get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Harus Berani, Keras Dan Tegas Terhadap OPM

Ketua Komisi 1 DPR : Peran TNI Dalam Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI Perlu Diapresiasi

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 19:17 WIB
header img
Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi, Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen dan sejumlah pejabat mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Lapangan Makodam IV/Diponegoro. (iNews/Ahmad Antoni)

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid mengapresiasi peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada peringatan HUT Ke-78 TNI. Meutya Hafid juga bersyukur di usia TNI yang ke-78, survei tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI selalu berada di posisi teratas. 

"Sebagai mitra kerja di parlemen, saya mewakili Komisi 1 DPR RI mengucapkan Dirgahayu ke-78 TNI. Saya bersyukur di usia TNI ke-78, TNI terus mendapat kepercayaan publik yang sangat luar biasa, sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam arahannya pada HUT TNI hari ini. Pesan saya, agar ini dijaga terus, TNI kedepankan profesionalitas dan sayangi rakyat," kata Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (5/10). 

Menurut Meutya Hafid, peringatan HUT ke-78 TNI ini bukan hanya tentang merayakan prestasi militer, tetapi juga tentang merayakan peran TNI dalam pembangunan nasional. "Sejatinya, TNI telah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan banyak sektor lainnya," ujar Meutya Hafid. 

Ia yakin, kedekatan TNI dengan rakyat akan memudahkan TNI dalam bertugas dan mengabdi pada negara. Selain itu, kedekatan dengan rakyat juga diyakini akan membuat TNI mènjadi kekuatan militer yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia 

Meutya Hafid yang juga politisi Partai Golkar itu mendukung pesan Presiden Joko Widodo dalam arahannya pada HUT ke-78 TNI, agar prajurit TNI dimanapun berada, dapat memahami bahwa masalah ketahanan pangan adalah bagian dari tugas TNI yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

"Saya mendukung pelibatan prajurit TNI untuk ikut menjaga ketahanan pangan di Tanah Air," tegas Meutya Hafid legislator dari daerah pemilihan (dapil) Sumut 1. 

Khusus dalam tugas OMSP, Meutya Hafid melihat berbagai tugas telah dilaksanakan dengan baik oleh prajurit-prajurit TNI. Salah satu tugas tersebut adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam. Prajurit TNI selalu berada terdepan dalam upaya membantu penanganan bencana.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut