get app
inews
Aa Read Next : CIMB Niaga Sasar Generasi Muda melalui OCTO Mobile

Layanan Perbankan Berkonsep Hybrid dari CIMB Niaga

Minggu, 29 Oktober 2023 | 20:35 WIB
header img
Digital Branch CIMB Niaga

BALI, iNewsTangsel.id - Berbeda dengan kantor cabang konvensional, melalui Digital Branch nasabah dapat memanfaatkan beragam fasilitas perbankan terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge antara lain mesin Self Service Banking,Video Banking,OCTO Vending Machine, dan beragam fasilitas digital terbaru seperti perangkat Tablet.Kapabilitas digital tersebut menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti Customer Service, Teller,serta CIMB Preferred Lounge dan Safety Deposit Box di beberapa kantor cabang.

Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung menyatakan, CIMB Niaga senantiasa memahami perubahan gaya hidup nasabah dalam bertransaksi perbankan di era digital yang menginginkan layanan cepat dan praktis, tanpa meninggalkan layanan personal yang ramah. Karena itu, CIMB Niaga menghadirkan inovasi baru kantor cabang yaitu Digital Branch ke Bali sebagai wujud komitmen untuk memberikan layanan perbankan terkini kepada nasabah setia, masyarakat, dan wisatawan di Pulau Dewata.

“Kami senang konsep Digital Branch yang pertama kali kami perkenalkan di Jakarta dan beberapa kota di Pulau Jawa pada akhir Agustus lalu mendapat sambutan positif dari masyarakat. Antusiasme tersebut mendorong kami untukmembawa Digital Branch ke wilayah lainnya, termasuk di Bali yang memiliki basis nasabah besar da nberpotensi menjadi wilayah pertumbuhan baru bagi CIMB Niaga. Kami berharap, dengan layanan hybrid nasabah merasakan pengalaman perbankan yang lebih baik sesuai preferensi dan kenyamanan masing-masing,” kata Budiman pada Grand Opening Digital Branch Bali-Canggu di Badung, Bali, Jumat (27/10/2023).

Dibukanya Digital Branch Bali-Canggu semakin melengkapi layanan yang telah ada sebelumnya yaitu Kantor Cabang dan Digital Lounge. Per 30 Juni 2023, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 Digital Lounge), 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine), dan 453.483 electronic data capture ("EDC & QR"). Adapun khusus di Bali, CIMB Niaga memiliki 7 Kantor Cabang Konvensional, 1 Kantor Cabang Syariah, dan 1 Digital Lounge.

Kantor Cabang Ramah Lingkungan

Selain menerapkan konsep hybrid, Digital Branch juga mengusung konsep sustainability yang ramah lingkungan dengan meminimalisir pemakaian kertas dan mengutamakan penggunaan furniture dari pengrajin UKM lokal. Hal ini sejalan dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam kegiatan operasional.

Implementasi konsep sustainability tersebut misalnya dapat dirasakan calon nasabah dan nasabah dalam berbagai layanan perbankan di Digital Branch. Di antaranya saat membuka rekening tabungan menggunakan mesin Self Service Banking. Calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak, melainkan cukup dengan menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang tersedia, maka dalam waktu kurang dari 5 menit pembukaan rekening tabungan berhasil.

Selain itu, dengan fasilitas video banking yang dapat diakses termasuk di luar jam operasional kantor cabang, nasabah juga bisa melakukan beragam transaksi finansial dan non-financial, mengakses informasi produk dan layanan, dan menyampaikan keluhan dipandu langsung oleh seorang bankingofficer secara live melalui layar sentuh tanpa harus mengisi formulir berbasis kertas. Demikian juga pengajuan berbagam produk dan layanan CIMB Niaga lainnya bisa dilakukan secara digital dan mandiri, sehingga lebih praktis dan ramah lingkungan.

Dengan menghadirkan Digital Branch, diharapkan potensi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dapat dihindari CIMB Niaga ke depan akan semakin besar. Selama tahun 2022, CIMB Niaga mencatat, dari penerbitan lebih dari 1,8 juta e-statement secara paperless mampu mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton. Dengan demikian, potensi emisi GRK yang dapat dihindari adalah sebesar 13,86 ton setara CO2.

Di samping itu, optimalisasi penggunaan perangkat digital yang ada di Digital Branch juga akan meningkatkan efisiensi waktu layanan. Sebagai contoh, jika 80% pembukaan rekening dilakukan menggunakan mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet, serta 90% pelayanan penggantian Kartu Debit/Kartu Kredit dan pembaharuan data nasabah dilakukan melalui mesin Self Service Banking atau dibantu oleh Digital Service Officer, maka dapat mengurangi waktu layanan hingga 50%.

“Kami berharap, solusi layanan perbankan yang lebih ramah lingkungan ini dapat mendukung beragam kebutuhan masyarakat dan dunia usaha di kawasan wisata Bali. Setelah Bali, kami akan terus berekspansi membuka Digital Branch di kota-kota lainnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati layanan perbankan berkonsep hybrid dari CIMB Niaga,” ujar Budiman.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut