get app
inews
Aa Read Next : IPC TPK Catatkan Kinerja Positif pada Semester 1 Tahun 2024

Indie Art Fest 2023: Pentas Teater di Tengah Masyarakat Urban Jakarta

Senin, 13 November 2023 | 23:02 WIB
header img
Indie Art Fest 2023 menawarkan ruang kemungkinan untuk melakukan jelajah artistik tanpa sekat kriteria; pendekatan dramaturgi zonder batas isme

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Tiga hari berturut-turut, Indie Art Fest 2023 berhasil dipentaskan di tengah kehidupan masyarakat Angke, Galur dan Cilincing melalui pementasan teater luar ruang. Akting para aktor ditingkahi teriakan penonton, tawa cekakak warga yang nyangkut pada dialog dan peristiwa. Interaktif. Segar. Asyik. Gosip aktor dengan para tetangga pun terjadi membicarakan hal yang aktual dan keseharian. 

Serba-serbi pentas teater Indie Art Fest 2023 yang "dikomandani" Silmi Rahmadi ini memang beragam. 

Hari pertama, "Kokatkokit" di Gang O Jl Angke Indah Jakbar (10/11/2023), menampilkan pementasan karya Moch. Alfian.  Panggung dan set "Kokatkokit" dibangun di tengah padat dan kumuhnya Jakarta. Pementasan ini  ditingkahi oleh dialog interaktif antar aktor plus celotehan dari kumpulan aktor yang lain. 

Indie Art Fest 2023 mengisi jadwal hari kedua (11/11/2023) dengan menghadirkan pementasan "Ya Begitu Saja". Teater Kandang Roda pimpinan Jaelani Manock digelar di Jl Rawa Tengah Galur Jakarta Pusat. Gang sempit menjadi pentas, disiasati dengan menjadikan gerobak sebagai properti di jalan bermotor dan bermobil, di antara warung, ruang kosong dekat teras rumah yang berhimpit.

Naskah "Wajah", dipentaskan Minggu (12/11/2023), mengurai penderitaan dan biografi seorang terjepit hutang dan hidup keluarga yang mengenaskan. Berpentas di panggung dekat laut, tokoh "si ayah" bahkan memegang langsung perahu yang tertambat di antara pasir dan sampah laut. Anak-anak juga langsung menceburkan diri saat adegan bermain.

Pementasan tentang kehidupan marjinal nelayan di Cilincing ini  live  dengan view keseharian pemandangan aktivitas nelayan di kawasan teluk Jakarta. 

Pengamat teater Madin Tyasawan mengatakan kesemua peristiwa pementasan ini menggunakan pendekatan site-specific theater yang mampu menyuarakan "cerita yang tak terceritakan". 


Teater tak selalu megah di gedung pertunjukan tapi juga ikut menawarkan kebersahajaan dan suara pembebasan untuk tekanan kehidupan
 

"Indie Art Fest 2023 menawarkan ruang kemungkinan untuk melakukan jelajah artistik tanpa sekat kriteria; pendekatan dramaturgi zonder batas isme; narasi dibangun dari kesadaran atas fenomena kini dan di sini," ujar Madin yang didaulat sebagai Steering Comittee bersama Malhamang Zamzam dan Edian Munaedi dengan pengamat Ugeng T. Mutidjo.

Sutradara Bandar Teater Jakarta sekaligus aktor teater Malhamang Zamzam mengungkapkan bahwa Indie Art Fest 2023 tak hanya proscenium. Menurut Malhamang bahwa teater tak selalu megah di gedung pertunjukan tapi juga ikut menawarkan kebersahajaan dan suara pembebasan untuk tekanan kehidupan. 

Kota, kaum urban, memiliki banyak kisah, puluhan bahkan ratusan kotak Pandora. Kita akan takjub, terperangah, terpesona, tertawa getir, haru atau menangis, saat kotak itu dibuka dan menemukan rahasia-rahasia kisah mereka. 

Para kreator telah menjamah sisi lain kehidupan para aktor, masyarakat kaum urban, yang adalah tetangga dan menjadi bagian di dalam kehidupan bersama. Mengutip pernyataan Edian, Jakarta sesungguhnya selain  kota kita sekaligus juga menjadi  "kampung kita"...

Akan Digelar

Dua pementasan Luar Ruang lainnya masih akan digelar, Garis Lintas oleh Hendra Setiawan di Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Timur (18/11/2023) pukul 16.00 WIB dan Raunaway oleh Ridwan Rau Rau di Jakarta Selatan (19/11/2023) pukul 16.00 WIB.

Untuk pementasan Dalam Ruang akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta yaitu Indonesian Dreams oleh Teater Ghanta, Senin (20/11/2023) pukul 20.00 WIB, Repertoar Sabun Colek oleh Komunitas7, Selasa (21/11) pukul 15.30 WIB dan 19.30 WIB, Nyanyian untuk Bintang oleh Quantum X Sanggar Seni Bintang, Rabu (22/11/2023) pukul 19.30 WIB, Opera Kampung Selebor oleh Ganar Collaboration, Kamis (23/11/2023) pukul 20.00 WIB dan Sang Utusan oleh Teater Legion, Jumat (24/11/2023).

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut