get app
inews
Aa Read Next : Dukung Kreativitas Generasi Muda di Bidang Fesyen, BINUS University Luncurkan Fashion Program

Ini Sejumlah Temuan Bawaslu Tangsel saat Pelaksanaan Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 | 22:47 WIB
header img

TANGSEL, iNewsTangsel - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan sejumlah kesalahan dan gangguan dalam proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Kota Tangsel, Rabu (14/2/2024). 

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep melaporkan, jajarannya mendapat banyak laporan dari sejumlah TPS berbagai kasus. Di antaranya kekurangan dan kelebihan surat suara di beberapa TPS, tidak terlaksanakannya proses pemungutan suara akibat banjir, dan lain-lain. 

"Di beberapa TPS terjadi kekurangan surat suara, seperti di Ciputat Timur di mana DPT berjumlah 284. Namun, surat suara yang dikirim 291," kata Acep saat konferensi pers di Kantor Bawaslu Tangsel. 

Bawaslu Tangsel juga menemukan adanya surat suara yang tidak sesuai dengan dapil di TPS 13 Perigi, Pondok Aren. Kasus ini menyebabkan 5 surat suara tercoblos di dapil yang salah.

"Ada satu (TPS) karena surat suara tertukar, jadi pemilih tidak memeriksa dan juga KPPS tidak memeriksa surat suara dapil 4 masuk ke dapil 5 Pondok Aren dan itu sudah tercoblos dan itu sudah masuk dalam kotak suara, " papar Acep.

Selanjutnya, Bawaslu Tangsel juga menemukan adanya TPS yang baru dibuka di atas jam 8 pagi. Kasus itu terjadi di Kecamatan Serpong, serta ada TPS yang direlokasi karena banjir.

Untuk TPS yang terdampak banjir akan diberikan waktu penundaan pelaksanaan pemungutan suara.

"Untuk TPS yang ditunda, waktunya bisa besok, lusa, atau maksimal 10 hari dari tanggal 14," paparnya. 

Sejumlah temuan itu menurut Bawaslu ada yang disebabkan oleh kesalahan KPU Tangsel. Selain itu juga faktor bencana, seperti banjir. Temuan Bawaslu Tangsel akan dilaporkan ke KPU Tangsel. Bawaslu Tangsel juga akan melakukan investigasi serta mitigasi untuk memastikan kelancaran pemungutan suara.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut