get app
inews
Aa Read Next : inDrive Dorong Perempuan Berdaya, Mandiri dan Menginspirasi

Dukung Digitalisasi Pendidikan, Layanan Internet Super Cepat Iconnet Hadir Hingga Pelosok

Minggu, 31 Maret 2024 | 22:53 WIB
header img
Digitalisasi pendidikan menjadi terobosan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah proses belajar mengajar.

JAKARTA, iNewstangsel - Era digital membawa banyak perubahan di segala sektor dan juga aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam hal pendidikan. Proses dan metode pembelajaran pada dunia pendidikan di era digital pun telah berkembang pesat yakni dengan pendekatan yang lebih inovatif dengan pembelajaran berbasis teknologi.

Perubahan teknologi yang begitu cepat, mau tidak mau harus disikapi dengan cepat pula, yakni dengan mendukung dan bersiap untuk memasuki era revolusi industri 4.0.

Dalam hal ini, digitalisasi pendidikan menjadi terobosan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah proses belajar mengajar. Program digitalisasi pendidikan ini telah dimulai oleh pemerintah RI sejak tahun 2019.

Kemendikbudristek telah mengimplementasikan digitalisasi sekolah dengan menyediakan sarana telekomunikasi, kuota internet, aplikasi Merdeka Belajar, guru penggerak dan kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini dalam rangka mewujudkan pendidikan berkualitas berbasis teknologi digital di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan itu, PLN Icon Plus berperan aktif dalam upaya mendukung pengembangan program digitalisasi sekolah khususnya di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Dalam hal ini, perusahaan plat merah ini menawarkan layanan internet fixed broadband bernama Iconnet yang merupakan layanan internet super cepat dengan memiliki koneksi yang stabil dan handal. Jenis koneksi internet ini kecepatannya dibagi rata sesuai dengan jumlah pengguna atau padatnya pengguna internet di wilayah tersebut.

Hal ini akan mempermudah proses belajar mengajar, karena para siswa dapat mengakses semua bahan belajar ataupun bahan ujian dalam satu jaringan tanpa adanya hambatan.

“Sarana pembelajaran TIK yang diberikan berupa PC, laptop, LCD, router, dan eksternal hard disk. Sekolah yang akan menerima sarana pembelajaran tersebut di Kabupaten Natuna sebanyak 38 unit sekolah, terdiri dari 25 SD, 9 SMP, 3 SMA, dan 1 SMK. Sarana pembelajaran TIK ini bertujuan untuk mempermudah sekolah melaksanakan program Digitalisasi Sekolah,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam keterangannya, Minggu (31/3/2024).

Dalam upaya mendorong Digitalisasi Sekolah, Iconnet menawarkan berbagai pilihan paket internet dengan pilihan bandwith mulai dari 20 mbps, 35 mbps, 50 mbps, dan 100 mbps. Harga wifi iconnet pun juga bervariasi, mulai dari Rp.207.000 hingga Rp. 679.000 per bulan, tergantung wilayah pemasangan. Layanan wifi iconnet PLN bisa diakses di beberapa area, yakni Jabodetabek, Jawa Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Indonesia Timur. Kelebihan dari layanan Iconnet ini memiliki kecepatan internet yang tinggi dan stabil karena menggunakan jaringan fiber optic yang tercanggih serta mempunyai coverage area yang paling luas jangkauannya.   

Kemajuan teknologi informasi dan teknologi (TIK) di dunia Pendidikan ini akan memberikan dampak positif dan berpeluang besar yang dapat mengoptimalkan peningkatan mutu Pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan berkualitas. PLN Icon Plus tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka, tetapi juga sebagai mitra dalam membangun generasi pemimpin yang siap menghadapi masa depan yang penuh inovasi dan teknologi canggih.

Adapun informasi lebih jauh terkait Iconnet dapat mengunjungi aplikasi PLN Mobile atau mengunjungi laman Instagram marketing.plniconplus.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut