get app
inews
Aa Read Next : Utamakan Safety, IPC TPK Salurkan Bantuan APD pada Tenaga Kerja Bongkar Muat

Membedah Fitur Pintar Pada Mobil Listrik: Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)

Selasa, 11 Juni 2024 | 12:05 WIB
header img
Fitur ADAS pada smart EV sangat penting, terutama mengingat kondisi jalanan di Indonesia, khususnya di area perkotaan yang padat dan penuh kemacetan

Jakarta, iNewsTangsel.id - Era mobil listrik kini semakin berkembang pesat dan menghadirkan beragam inovasi teknologi serta fitur-fitur pintar yang tidak hanya canggih, namun juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satu fitur penting demi keamanan dan kenyamanan berkendara adalah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yang menggabungkan sensor, kamera, serta sistem pintar untuk mendeteksi area di sekitar mobil dan membantu pengemudi mencegah potensi kecelakaan.

Apa saja fitur-fitur pada ADAS?

NETA, distributor merek mobil listrik terkemuka di Indonesia, telah meluncurkan line up terbaru NETA V-II dengan fitur ADAS sebagai salah satu keunggulannya. Fitur Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS pada NETA V-II dihadirkan untuk memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan tambahan saat di perjalanan.

Fitur-fitur tersebut adalah:

1. Forward Collision Warning (FCW)
Fitur ini mendeteksi objek yang berpotensi menabrak dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

2. Automatic Emergency Braking (AEB)
Sistem ini akan melakukan pengereman otomatis ketika mendeteksi objek yang berpotensi menyebabkan tabrakan untuk mengurangi dampak.

3. ront Vehicle Start Alert (FSA)
Sistem ini mendeteksi pergerakan objek di depan mobil dan memberikan pengingat berupa suara kepada pengemudi saat berhenti di lampu merah.

4. Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC). Sistem ini membantu mobil berakselerasi dan deselerasi menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.

5. Traffic Jam Assist (TJA)
Bagian dari ACC yang membaca jarak mobil di depan dan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi otomatis saat berada di kemacetan, memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan mengurangi kelelahan.

6. Intelligent Cruise Assist (ICA)
Sistem ini aktif pada kecepatan di atas 60 km/jam, membantu menjaga jarak aman dari mobil di depannya.

7. Lane Departure Warning (LDW)
Fitur ini mendeteksi perpindahan jalur tanpa disengaja dan memberikan peringatan.

8. Emergency Lane Keeping System (ELKS). Jika peringatan dari LDW diabaikan, sistem akan melakukan koreksi pada setir agar mobil kembali ke lajur yang benar.

9. High Beam Assist (HBA)
Sistem ini memungkinkan lampu depan mobil otomatis beralih antara lampu jauh dan lampu dekat tergantung kondisi lalu lintas.

"Fitur ADAS pada smart EV sangat penting, terutama mengingat kondisi jalanan di Indonesia, khususnya di area perkotaan yang padat dan penuh kemacetan. Kondisi ini sering membuat pengendara cepat lelah dan kurang awas terhadap lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya fitur ADAS, beban pengendara dapat berkurang karena fitur ini dapat membantu agar pengemudi lebih waspada serta mengurangi dampak saat terjadi tabrakan. NETA V-II dengan 9 fungsi ADAS ini sangat cocok untuk pasar Indonesia," ungkap Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia, Selasa (11/6/2024).

Dengan berbagai fitur pintar dan perubahan pada eksterior serta interior yang lebih stylish, NETA V-II hadir dengan harga kompetitif di pasaran, yaitu Rp 299 juta (OTR Jakarta). Selain itu, NETA memberikan keuntungan tambahan seperti Lifetime Warranty, gratis saldo PLN Mobile sebesar Rp 2,5 juta, dan gratis wall charging beserta instalasi. Ini menunjukkan komitmen NETA untuk memberikan produk berkualitas dan layanan purnajual premium untuk jangka panjang kepada konsumen.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut