get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Konservasi Alam, PDIP Gelar Seminar dan Dialog dengan Pemulung dan Pecinta Alam

Meriahkan Hari Lingkungan Hidup, Sekolah Tinggi Agama Hindu Praktik Membuat Resapan Lubang Biopori

Minggu, 23 Juni 2024 | 11:41 WIB
header img
Ketua Tempek Pura Agung Taman Sari Halim, I Gusti Wiracana, menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa setelah berkoordinasi mengenai kebutuhan Pura.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Sejumlah Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Hindu Angkatan 2021 dari Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta mengadakan Mini Workshop tentang kelestarian lingkungan. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari tugas akhir semester VI, dengan tema "Sadar Lingkungan: Tindakan Kecil Berdampak Besar". Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI).

Workshop mencakup pemaparan materi tentang merawat lingkungan dan alam. Selain itu, peserta juga diajak langsung untuk praktik membuat resapan lubang biopori yang dipandu oleh Departemen Sosmas KMHDI.

Acara dibuka dengan simbolis penanaman pohon oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta, I Made Sutresna, pada Minggu (23/6/2024) di Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kesuma, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Sutresna mengapresiasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Hindu angkatan 2021 atas terselenggaranya acara ini dan berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi tempat penyelenggaraannya, baik itu penanaman pohon maupun pembuatan lubang biopori. Saya harap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dilakukan di tempat-tempat lain," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tempek Pura Agung Taman Sari Halim, I Gusti Wiracana, menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa setelah berkoordinasi mengenai kebutuhan Pura.

“Saya sempat berdiskusi dengan ketua panitia agar tanaman yang disumbangkan ke Pura adalah tanaman yang memiliki nilai manfaat baik untuk Pura,” jelasnya.

“Jangan lelah untuk berbuat baik, karena di masa depan pasti akan ada karma baik dari perbuatan tersebut,” tambahnya.

Ketua Panitia Dewa Gede Brahmanca menjelaskan bahwa acara ini merupakan proyek UAS untuk nilai akhir semester 6 pada mata kuliah marketing public relation.

"Selain untuk memeriahkan hari lingkungan hidup sedunia pada 5 Juni lalu, kegiatan ini juga memenuhi tugas UAS kami di semester 6. Kami mulai mempersiapkan acara ini sejak ujian tengah semester dan kegiatan ini terpilih berdasarkan hasil voting kelas. Selama prosesnya, kami didampingi langsung oleh dosen kami, Mbok Putu Asrinidevy," papar Dewa.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini antara lain: Putu Sariati, S.Pd (Ketua Pokjaluh DKI Jakarta), Muhammad Aminullah (Juru Bicara WALHI DKI Jakarta), dan Wayan Ardi Adnyana (Ketua Departemen Sosmas PP KMHDI).

"Saya mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor, termasuk SDHD Jakarta Selatan, SDHD Jakarta Raya, Bank Indonesia, WALHI, Pokjaluh, KMHDI, Real Estate, tokoh Hindu lainnya, serta media partner yang turut menyukseskan acara kami," tutup Dewa.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut