get app
inews
Aa Read Next : Kapal Induk AS Theodore Roosevelt Merapat di Selat Hormuz, Siap Bela Israel dari Gempuran Rudal Iran

Iran Bersiap Serang Israel Minggu Ini, Amerika Serikat Kerahkan Kapal Induk ke Timur Tengah

Selasa, 13 Agustus 2024 | 05:36 WIB
header img
SM-3 menggunakan kendaraan pembunuh kinetik untuk menghancurkan rudal balistik jarak pendek hingga menengah selama fase penerbangan tengah. Foto dok US Navy

AMERIKA, iNewsTangsel.id - Amerika Serikat (AS), yang merupakan sekutu Israel, menilai bahwa Iran mungkin akan melancarkan serangan terhadap Israel secepatnya minggu ini.

"Kita harus bersiap menghadapi serangkaian serangan besar," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, seperti dilaporkan AFP pada Selasa (13/8/2024).

"Kami memiliki kekhawatiran dan harapan yang sama dengan rekan-rekan kami di Israel terkait kemungkinan waktu serangan ini - bisa saja terjadi minggu ini," tambah Kirby.

AS telah mengerahkan kelompok penyerang kapal induk dan kapal selam berpeluru kendali ke wilayah Israel. Iran dan kelompok Hizbullah di Lebanon telah berjanji untuk membalas Israel atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, dan komandan Hizbullah, Fuad Shukr.

Presiden AS Joe Biden telah menelepon para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris pada Senin (12/8) untuk membahas meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Pesan yang disampaikan Biden "sebagian besar ditujukan kepada semua pemimpin untuk menegaskan kembali komitmen mereka dalam membela Israel" dan untuk "mengirimkan pesan yang kuat bahwa kami tidak ingin melihat peningkatan kekerasan atau serangan apa pun oleh Iran atau proksinya."

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut