get app
inews
Aa Read Next : Ramaikan Industri Perfilman Nasional, Heart Pictures Gaet Aktor Korea

Perpaduan Pernikahan Adat Jawa dan Bugis dengan Elegan Bukti Keragaman Budaya

Senin, 07 Oktober 2024 | 23:00 WIB
header img
Melalui acara ini, keindahan dan kekayaan adat Jawa serta Bugis terangkat dengan elegan, menunjukkan bahwa meskipun berbeda, tradisi dapat bersatu dan memperkuat keindahan warisan budaya bangsa

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Perpaduan dua budaya besar Indonesia, Jawa dan Bugis, baru saja ditampilkan dalam perhelatan pernikahan yang penuh makna antara dr. Aulia Kusumaning Ati, S.Ked dan Ahmad Oktaviawan Ilham. Acara ini diadakan dengan meriah di Upper Hills Convention Hall, dihadiri oleh keluarga, kerabat, dan tamu undangan yang terpukau oleh kesakralan dan keindahan tradisi yang disajikan.

Pengantin Production Wedding Organizer, di bawah arahan Dani Mukti, berhasil memadukan keanggunan adat Jawa gagrak Surakarta dengan kekayaan budaya Bugis, menciptakan suasana pernikahan yang mengesankan. 

“Serangkaian prosesi adat seperti siraman, midodareni, dan panggih, dipersembahkan dengan penuh kearifan lokal, memperkenalkan kembali nilai-nilai budaya Jawa kepada Aulia yang besar di Makassar,” ujar Dani Mukti, dalam keterangannya, Senin (7/10/2024). 

Untuk memastikan keaslian dan kesempurnaan setiap detail acara, Dani Mukti melakukan survei mendalam dan berkolaborasi dengan vendor-vendor lokal maupun dari luar kota. Dari busana tradisional hingga perlengkapan adat, semuanya dipersiapkan dengan teliti. Bahkan, tim mendatangkan penari dan penabuh gamelan langsung dari Yogyakarta guna menciptakan suasana Jawa yang autentik dan mempesona.

Pernikahan ini tidak hanya mengusung tradisi Jawa, tetapi juga memperlihatkan kekayaan budaya Bugis, yang merupakan asal keluarga mempelai pria, Ahmad Oktaviawan Ilham. Kombinasi antara adat Jawa dan Bugis ini menciptakan perpaduan yang unik dan megah, terutama saat prosesi akad nikah berlangsung, di mana busana adat Bugis menghiasi perhelatan dengan ornamen-ornamen mewah.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut