get app
inews
Aa Text
Read Next : Puncak Arus Libur Nataru 2024, Pelindo Regional 4 Pastikan Kelancaran Operasional

Pelindo Sukses Layani 1,93 Juta Penumpang dan 130 Ribu Kendaraan Selama Nataru 2024/2025

Minggu, 12 Januari 2025 | 13:12 WIB
header img
Berdasarkan hasil pemantauan selama periode Nataru 2024/2025, beberapa pelabuhan mencatat aktivitas tertinggi.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berhasil melayani 1.933.960 penumpang dan 130.360 kendaraan selama periode 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15). Angka ini masing-masing mengalami peningkatan sebesar 1% dan 4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 1.925.169 penumpang dan 125.736 kendaraan.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menyampaikan bahwa kelancaran pelayanan angkutan laut selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) merupakan hasil koordinasi yang solid dengan seluruh pihak terkait.

“Kelancaran dan keselamatan mobilitas masyarakat selama libur Nataru 2024/2025 tidak lepas dari kerja sama yang erat antara semua pemangku kepentingan di sektor transportasi laut,” ujar Ardhy.

Ardhy menambahkan bahwa keberhasilan pelayanan ini juga didukung oleh Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Laut Nataru yang beroperasi selama 24 jam, mulai 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025. Posko ini memfasilitasi koordinasi lintas sektoral sehingga pelayanan kepada penumpang dapat berjalan optimal.

Berdasarkan hasil pemantauan selama periode Nataru 2024/2025, beberapa pelabuhan mencatat aktivitas tertinggi. Untuk arus penumpang, Pelabuhan Tanjungpinang menjadi yang tersibuk dengan melayani 231.039 orang, disusul Tanjung Perak (147.075 orang), Tanjung Balai Karimun (138.346 orang), Ambon (116.965 orang), dan Makassar (90.697 orang).

Di sisi arus kendaraan, Pelabuhan Tanjung Perak memimpin dengan 34.103 unit kendaraan, diikuti Lembar (22.800 unit), Tanjung Wangi (11.417 unit), Balikpapan (10.776 unit), dan Trisakti (9.129 unit).

Sejumlah penumpang mengungkapkan kepuasannya terhadap pelayanan Pelindo selama periode Nataru. Antonius Anto, penumpang dari Batam menuju Tanjungpinang, menyatakan kenyamanannya. “Pelabuhannya nyaman, tidak ada antrean saat membeli tiket, dan ruang tunggu bersih, nyaman, serta sejuk,” kata Antonius.

Afrilia, penumpang dari Baubau menuju Makassar, juga mengapresiasi pelayanan Pelindo yang dinilainya telah mengalami perubahan signifikan dalam satu dekade terakhir. “Dalam 10 tahun terakhir, perubahan sangat terasa. Pelayanannya kini setara dengan bandara, fasilitasnya berkualitas, petugasnya sigap, dan semuanya lebih teratur,” ungkap Afrilia.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut