BRI Life Pertahankan Posisi #1 APE Bisnis Bancassurance 2024 dengan Pertumbuhan 11% YoY

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan terkait pertumbuhan Annualized Premium Equivalent (APE) hingga Desember 2024, PT Asuransi BRI Life (“BRI Life”) terus menunjukkan kinerja yang solid dalam mempertahankan posisi teratas di bisnis Bancassurance. Posisi ini berhasil dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022.
Sepanjang 2024, BRI Life mencatatkan total APE sebesar Rp 3,416 triliun, tumbuh 11% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3,077 triliun. Keberhasilan ini mencerminkan strategi bisnis yang efektif serta sinergi kuat dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (“BRI”) sebagai induk perusahaan. Melalui jaringan perbankan yang luas dan strategi distribusi inovatif, BRI Life terus memberikan solusi perlindungan finansial terbaik bagi nasabahnya.
Pada 2024, bisnis Bancassurance tetap menjadi kontributor utama dengan porsi sebesar 88% dari total bisnis, mencatat pertumbuhan 18,4% (YoY) hingga mencapai Rp 3,0 triliun. Pencapaian ini semakin menegaskan posisi BRI Life sebagai pemain utama di industri asuransi jiwa nasional.
Direktur Utama BRI Life, Aris Hartanto, mengungkapkan, “Keberhasilan ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang efektif, kemitraan yang solid, serta inovasi dalam pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Ini juga menjadi bukti nyata kepercayaan nasabah terhadap BRI Life dan kekuatan sinergi kami dengan BRI.” ujarnya, Rabu (12/3/2035).
Dalam peringkat Overall Market Positioning APE 2024 di industri asuransi jiwa, BRI Life berhasil naik dari posisi ketiga ke posisi kedua, dengan peningkatan pangsa pasar dari 8,8% menjadi 9,3%.
Menanggapi pencapaian ini, Aris Hartanto menyatakan optimisme terhadap pertumbuhan portofolio produk proteksi BRI Life yang semakin sesuai dengan kebutuhan asuransi jiwa bagi seluruh segmen nasabah BRI.
"Untuk segmen mikro, kami terus memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk asuransi jiwa mikro. Sementara itu, untuk segmen menengah dan prioritas, kami menghadirkan produk yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan pasar," ujarnya.
Sejalan dengan itu, BRI Life berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. BRI Life juga mendukung kebijakan regulator dalam memperluas penetrasi asuransi dengan memperkuat jalur distribusi melalui tenaga pemasar dan mitra perbankan, memperluas kemitraan Bancassurance, serta mengadopsi teknologi guna meningkatkan akses terhadap asuransi yang berkelanjutan.
Editor : Hasiholan Siahaan