Logo Network
Network

Kadin Indonesia dan KSPSI Sinergi dalam Pembangunan Pusdiklat untuk Tingkatkan Keterampilan Pekerja

Hasiholan
.
Rabu, 07 Agustus 2024 | 22:23 WIB

PURWAKARTA, iNewsTangsel.id -Kadin Indonesia bekerja sama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) hari ini meresmikan peletakan batu pertama Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) KSPSI di Purwakarta. Acara ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi pekerja Indonesia, dengan fokus pada reskilling dan upskilling melalui program vokasi. Peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea, Ketua Umum Kadin
Indonesia, Arsjad Rasjid, dan Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan apresiasinya atas inisiatif KSPSI untuk mendirikan Pusdiklat terbesar di ASEAN ini. Hal ini merupakan bukti nyata komitmen KSPSI dalam memberikan yang terbaik bagi para kadernya. Arsjad menggarisbawahi pentingnya peran pekerja dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 8% yang dicanangkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Dalam upaya untuk mencapai cita-cita dan tujuan ini pekerja punya peran penting. Karena, industrialisasi menjadi kunci agar ekonomi kita bisa terus bertumbuh. Dan dalam industri yang sehat ada pekerja-pekerja yang menjadi tulang punggung bagi industri. Pembangunan Pusdiklat hari ini merupakan bagian dari sinergi antara kelompok buruh, kepolisian, dan dunia usaha," ujar Arsjad.

Ia menekankan bahwa untuk mencapai target tersebut, peningkatan keterampilan dan kompetensi pekerja melalui program reskilling dan upskilling sangatlah krusial. Untuk itu, Pusdiklat ini menjadi batu loncatan yang penting bagi KSPI dan seluruh pekerja di Indonesia. Dengan adanya pelatihan untuk teknik berunding, teknik negosiasi, dan advokasi, serta pendidikan dan pelatihan lainnya yang meningkatkan keterampilan para pekerja, maka para pekerja bisa memastikan bahwa hak-haknya terpenuhi dengan baik.

“Dengan demikian, tidak hanya ekonomi Indonesia bisa tumbuh tapi kita semua juga sejahtera. Ini yang dinamakan Ekonomi Pancasila, di mana semua berkontribusi, dan semuanya juga mendapatkan manfaatnya," jelas Arsjad.

Arsjad juga menambahkan bahwa keterlibatan aktif pekerja dalam industri yang sehat akan mendukung terciptanya ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan mempercepat pencapaian target pertumbuhan ekonomi tersebut.

Senada, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin Indonesia, Yukki N. Hanafi menegaskan dukungan Kadin terhadap pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News

Bagikan Artikel Ini