Sejarah Singkat Pamulang, Masa Belanda Wilayah Perkebunan Kini Tumbuh Pesat Perumahan

Vitrianda Hilba Siregar/Network
Tugu Pamulang di Tangerang Selatan. (Foto : MPI/Erfan Maaruf)

PAMULANG, iNewsTangsel.id - Pamulang adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Sejarah Pamulang dapat dilacak dari masa penjajahan Belanda pada abad ke-17. Saat itu, daerah Pamulang merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Kesultanan Banten.

Pada awal abad ke-18, wilayah Pamulang menjadi lokasi pertanian yang ditanami padi dan kelapa sawit oleh penduduk setempat. Namun, pada masa kolonialisme Belanda, sebagian besar tanah di Pamulang diambil alih oleh pemerintah Belanda dan dijadikan perkebunan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, wilayah Pamulang mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama pada tahun 1980-an.

Pemerintah mengembangkan wilayah Pamulang sebagai kawasan pemukiman dengan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk membangun rumah. Saat itu, Pamulang masih berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Pada tahun 1993, Pamulang dimekarkan menjadi kecamatan dan masuk ke dalam wilayah Kota Tangerang Selatan yang baru terbentuk pada tahun 2008. Sejak itu, Pamulang terus mengalami pertumbuhan pesat, baik dari segi jumlah penduduk maupun pembangunan infrastruktur.

Pamulang menjadi salah satu kecamatan yang padat penduduknya dan menjadi pusat perdagangan dan bisnis di Tangerang Selatan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network