JAKARTA, iNewsTangsel.id - Sepuluh tahun setelah bermitra dengan Trip.com, SiteMinder, satu-satunya software yang dapat membuka potensi penuh pendapatan hotel, memperkuat kerjasamanya dengan online travel agent terkemuka tersebut agar lebih banyak hotel dapat mengakses pasar pariwisata outbound Tiongkok yang sedang meningkat.
Sebagai bagian dari kemitraan ini, Trip.com telah menandatangani kesepakatan untuk berpartisipasi dalam program terbaru SiteMinder, yaitu Channels Plus. Program ini turut menyederhanakan distribusi untuk hotel dengan memberikan akses ke berbagai saluran distribusi melalui satu pengaturan. Bagi Trip.com, kemitraan ini turut memberikan akses ke lebih banyak hotel dan kemampuan untuk memperluas inventarisnya guna memberikan pengalaman berwisata kelas dunia.
Kemitraan yang dicanangkan ini efektif diimplementasikan semenjak SiteMinder melaporkan bahwa selama tiga bulan pertama di 2024, jumlah pemesanan dari Tiongkok ke 41,000 hotel di bawah naungan SiteMinder telah meningkat 75% dari tahun sebelumnya. Sebagai cerminan dari kebiasaan belanja wisatawan Tiongkok yang sangat menguntungkan, rata-rata tarif harian dari pemesanan tersebut bernilai 10% lebih tinggi dari wisatawan global.
Sebaliknya, dengan angka 21 hari, rata-rata waktu tunggu dari pemesanan turis Tiongkok 62% lebih rendah dari rata-rata global, memperlihatkan rendahnya sensitivitas mereka terhadap tarif kamar, serta kecenderungan untuk melakukan perjalanan dengan waktu perencanaan yang lebih singkat. Bahkan, SiteMinder’s Changing Traveller Report 2023 mencatatkan bahwa wisatawan Tiongkok adalah wisatawan paling tahan harga (price-resilient) secara global.
Laporan yang sama dari SiteMinder menemukan bahwa 55% wisatawan Tiongkok melakukan riset dan memesan akomodasi menggunakan satu situs pemesanan atau aplikasi yang spesifik, seperti Trip.com.
“Ada indikasi yang jelas bahwa pasar wisatawan Tiongkok sedang mengalami pemulihan, dan kami sangat senang dapat membawa kemitraan kami dengan SiteMinder ke tahap berikutnya untuk memastikan bahwa lebih banyak hotel di seluruh dunia yang memiliki kesempatan untuk memanfaatkan aliran pendapatan (revenue stream) yang kuat," jelas Monica Xiao, CEO of Accomodation Business Group di Trip.com Group.
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait