Rumahberkat Ajak Masyarakat Tingkatkan Rasa Kemanusiaan Lewat Aksi "Setetes Darah Sejuta Nyawa"

Aris Danu
Kami dari pihak panitia percaya bahwa setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Rumahberkat kembali menggelar kegiatan sosial donor darah bertajuk "Setetes Darah Sejuta Nyawa" di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada tanggal (3/9) lalu. Aksi donor darah ini mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, yakni sebanyak 41 orang telah mendaftar secara online sebelum acara berlangsung. Sementara itu pada hari-H, sebanyak 45 orang mendaftar secara offline di lokasi acara. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya donor darah. 

Perlu diketahui, donor darah secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, memperbarui sistem kekebalan tubuh dan juga beragam manfaat lainnya yang bisa dirasakan langsung bagi para pendonor.

Menurut situs resmi Kemenkes sehatnegeriku.kemkes.go.id, berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia membutuhkan setidaknya 5,1 juta kantong darah per tahun, yang merupakan 2% dari total jumlah penduduknya. Saat ini, produksi darah dan komponennya mencapai 4,1 juta kantong yang berasal dari 3,4 juta donasi.

"Di Indonesia, kebutuhan darah masih tinggi, dan dengan berpartisipasi dalam donor darah, kita turut mendukung stok darah nasional," ujar Rahajeng, selaku panitia Donor Darah dari Rumahberkat, dalam keterangannya, Senin (9/9/2024). 

Rahajeng mengatakan, pendonor yang telah mencapai 100 kali donor akan menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial sebagai apresiasi atas kontribusi mereka. Penghargaan ini tak hanya sebagai pengakuan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi orang lain untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan ini.

Satyalancana Kebaktian Sosial merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah yang diberikan kepada pendonor darah sebagai apresiasi atas dedikasi mereka, setelah mendonorkan darah sebanyak 100 kali.

Dengan semangat kebersamaan yang di bawa oleh Rumah Berkat untuk menggelar acara donor darah, diharapkan masyarakat juga akan menyadari pentingnya mendonorkan darah mereka untuk kesehatan tubuh dan juga membantu masyarakat dan pemerintah untuk menyediakan kantung darah bagi orang yang membutuhkan.

"Ucapan terima kasih yang tulus untuk masyarakat yang sudah meluangkan waktu dan mendonorkan darah. Keikutsertaan kalian adalah anugerah yang tak ternilai," ungkap Rahajeng. 

Dalam rangka memastikan kenyamanan dan keamanan para pendonor, Rumah Berkat bekerja sama dengan Komunitas Sahabat donor darah dan RS Dharmais yang menyediakan tenaga medis profesional.

Setiap pendonor yang hadir melalui proses pemeriksaan kesehatan awal untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat sebagai pendonor darah. Prosedur ini penting untuk menjaga kualitas darah yang disumbangkan serta keselamatan para pendonor.

Selain itu, proses donor darah dilakukan dengan peralatan medis yang steril dan sekali pakai. Para pendonor juga mendapatkan fasilitas makanan dan minuman setelah mendonorkan darah mereka untuk memulihkan energi.

"Dukungan dari berbagai pihak sangat membantu kami dalam menyelenggarakan acara ini. Kami sangat berterima kasih kepada para sponsor yang telah memberikan kontribusi, baik berupa fasilitas, tenaga, maupun logistik," papar Rahajeng. 

Rahajeng menambahkan, aksi donor darah bukan hanya sekadar kegiatan sosial, tetapi juga upaya nyata untuk menyelamatkan nyawa. Setiap tetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan. Oleh karena itu, acara ini menjadi sangat penting bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit, mengalami kecelakaan, atau memerlukan transfusi darah. 

Melihat tingginya antusiasme masyarakat, RumahBerkat.com berencana menggelar kembali kegiatan serupa pada tanggal 29 September 2024 di Mal Taman Anggrek.

"Target kami pada acara serupa tanggal 29 September nanti mendapatkan sebanyak 150 kantung darah, dan kami sangat bersyukur atas antusiasme masyarakat yang sudah mengikut event donor darah “Setetes Darah Sejuta Nyawa”," paparnya. 

Aksi donor darah tersebut mendapat dukungan beberapa pihak yang turut mensukseskan acara, di antaranya PT Rakhasa Artha Wisesa, RS Dharmais, Komunitas Sahabat Donor Darah, Sabana Fried Chicken, FKS Group, Amertha Warung Coffee, Selintas Waktu dan Mall Taman Anggrek 

“Kami dari pihak panitia percaya bahwa setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan,” tutup ketua panitia kegiatan Rumahberkat.com, Elizabeth.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network