Menteri Basuki: Indonesia Water Warriors, Gerakan Perubahan Sumber Daya Air

Ire Djafar
Peran aktif dari generasi muda dalam bidang pengelolaan sumber daya air sangat penting.

“Saat ini sudah ada lebih dari 1.100 komunitas peduli air dan sungai di Indonesia. Sekarang juga banyak pengamat dan pemerhati di bidang sumber daya air. Tapi, saya harap Water Warriors harus bisa lebih dari itu. Kita jadikan semangat ini sebagai gerakan. Saya yakin, dengan adanya kerja sama antara pemerintah dan komunitas masyarakat, kita dapat berbuat lebih banyak,” kata Menteri Basuki.

Melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR akan mengalokasikan anggaran kegiatan Indonesian Water Warriors. Nantinya, kegiatan tersebut akan dilakukan melalui komunitas-komunitas peduli air dan sungai yang ada di seluruh provinsi di Indonesia. 

“Saya tidak ingin semangat ini hanya sebagai teatrikal dan seremonial saja. Sungai-sungai dan sumber daya air di Indonesia harus selalu dijaga dan dibersihkan. Tetapi, tanpa anggaran juga komunitas ini tidak akan berjalan,” ujar Menteri Basuki.

“Harapannya, kegiatannya tidak hanya secara fisik tapi juga akan menggerakkan masyarakat melalui berbagai kegiatan pemeliharaan sumber daya air dan sungai,” tambah Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia menerangkan, Indonesian Water Warriors dilatarbelakangi oleh penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Kementerian PUPR dan Kerajaan Belanda melalui pembentukan Indonesian Wave for cooperation in Water Youth Programme. Program tersebut dibentuk untuk menghadapi tantangan global terkait air dan iklim. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network