Syekh Ahmad: Ka'bah Adalah Rumah Pertama dan Sumber Hidayah

Muhammad Reffi Sandi
Imam Besar Masjid Nabawi, Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudaify memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa dan mahasiswi di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan pada Kamis (10/10/2024). Foto: Reffi Sandi

CIPUTAT, iNewsTangsel.id - Imam Besar Masjid Nabawi, Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudaify memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa dan mahasiswi di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan pada Kamis (10/10/2024). Ia berbicara soal Kakbah di Makkah sebagai rumah pertama yang dibangun di muka bumi sebagai hidayah.

"Hidayah yang dibangun di atas kemanusiaan yang petunjuk dari Allah SWT Sebagaimana yang Allah sampaikan di dalam Al-Quran Surah Ali Imran Ayat 96," ucap Syekh Ahmad yang diterjemahkan oleh penerjemah.

"Sesungguhnya rumah yang pertama kali dibangun di muka bumi adalah Makkah yaitu Ka'bah yang ada di Kota Makkah," tambahnya.

Syekh Ahmad menyebutkan Allah membangun Ka'bah dalam rangka untuk menebarkan keberkahan dan petunjuk ke seluruh alam semesta.

Berikut bunyi dan arti Surah Ali Imran Ayat 96:

اِنَّ اَوَّلَ بَيۡتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَـلَّذِىۡ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلۡعٰلَمِيۡنَ‌‌ۚ

inna awwala baitiw wuḍi'a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-'ālamīn

"Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam."

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network