JAKARTA, iNewsTangsel.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berhasil melayani 1.933.960 penumpang dan 130.360 kendaraan selama periode 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15). Angka ini masing-masing mengalami peningkatan sebesar 1% dan 4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 1.925.169 penumpang dan 125.736 kendaraan.
Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menyampaikan bahwa kelancaran pelayanan angkutan laut selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) merupakan hasil koordinasi yang solid dengan seluruh pihak terkait.
“Kelancaran dan keselamatan mobilitas masyarakat selama libur Nataru 2024/2025 tidak lepas dari kerja sama yang erat antara semua pemangku kepentingan di sektor transportasi laut,” ujar Ardhy.
Ardhy menambahkan bahwa keberhasilan pelayanan ini juga didukung oleh Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Laut Nataru yang beroperasi selama 24 jam, mulai 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025. Posko ini memfasilitasi koordinasi lintas sektoral sehingga pelayanan kepada penumpang dapat berjalan optimal.
Berdasarkan hasil pemantauan selama periode Nataru 2024/2025, beberapa pelabuhan mencatat aktivitas tertinggi. Untuk arus penumpang, Pelabuhan Tanjungpinang menjadi yang tersibuk dengan melayani 231.039 orang, disusul Tanjung Perak (147.075 orang), Tanjung Balai Karimun (138.346 orang), Ambon (116.965 orang), dan Makassar (90.697 orang).
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait