get app
inews
Aa Read Next : Papua Darurat Kesehatan, Masuk Dalam 6 Provinsi Dengan Angka Stunting Terbesar

Teknologi FiLAC terbaru dari Jerman untuk meningkatkan perawatan Fistula Ani di Indonesia

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 21:54 WIB
header img
Direktur RS EMC Pulomas, Jakarta dr. Julia Sutandar dalam sambutannya mengatakan “Penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli bedah yang berpengalaman untuk menilai opsi pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

JAKARTA, iNewsTangsel.id Fistula Ani Laser Ciosure (FILAC) adalah suatu teknik bedah yang digunakan untuk mengobati fistula ani, yaitu suatu saluran abnormal yang terbentuk antara permukaan dalam atau luar anus dan kulit di sekitarnya. FILAC melibatkan penggunaan laser untuk mengobati fistula dengan cara membakar dan menghilangkan jaringan yang terlibat dalam fistula, kemudian memfasilitasi penyembuhan dan penutupan fistula. 

Menurut dr. Tony Sukentro, Sp.B di RS EMC Pulomas, dalam diskusi dengan media bertema " Atasi Fistula Perianal Yang Sulit Sembuh Dengan Metode FiLAC", di Jakarta, Jumat (25/8/2023). Fistula ani bukan lagi sebuah tantangan yang tak teratasi. Pasien sekarang memiliki harapan untuk pemulihan yang lebih cepat dan efisien, berkat langkah inovatif ini dalam perawatan medis, 

Fistula ani, sebuah kondisi yang kerap mengganggu dan merusak kualitas hidup pasien, sekarang memiliki alternatif penanganan yang lebih inovatif dan efektif berkat metode penutupan laser FILAC. Metode ini memungkinkan penanganan fistula ani dengan cara yang minimal invasif, mengurangi rasa sakit dan waktu pemulihan, ujarnya. 

Selain itu, Keefektifan FiLAC dibandingkan dengan teknik lain dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis fistula, lokasi, kompleksitas kasus, serta keahlian dan pengalaman ahli bedah. Beberapa manfaat yang diklaim dari FILAC : 

1. Minimally Invasive: FiLAC dianggap sebagai metode minimally Invasive karena penggunaan laser yang dapat mengurangi kerusakan jaringan sehat di sekitar fistula, serta meminimalkan rasa sakit dan waktu pemulihan. 

2. Kurangnya Pemotongan Kulit: Dibandingkan dengan beberapa teknik lain yang melibatkan pengambilan jaringan dari tempat lain, FiLAC dapat menghindari pemotongan kulit tambahan. 

3. Penyembuhan Cepat: Penggunaan laser dalam FiLAC dapat merangsang proses penyembuhan dengan merangsang pertumbuhan jaringan baru.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli bedah yang berpengalaman untuk menilai opsi pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 

Namun, seperti halnya setiap prosedur medis, FILAC juga memiliki potensi risiko dan efek samping dan hasilnya dapat bervariasi. Efektivitas FILAC dibandingkan dengan teknik lain seperti operasi flap, teknik seton, atau pendekatan lain akan tergantung pada penilaian medis yang komprehensif terhadap kasus pasien tertentu, katanya.

 

 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut