get app
inews
Aa Read Next : Revisi UU Migas Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Sumber Energi Terbarukan Punya Banyak Keunggulan, Energi Geotermal Dibahas di IREIS 2023

Kamis, 14 September 2023 | 07:43 WIB
header img
Energi geotermal adalah energi yang berasal dari panas bumi. Panas bumi ini bersumber dari aktivitas vulkanik di dalam bumi. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Energi geotermal adalah energi yang berasal dari panas bumi. Panas bumi ini bersumber dari aktivitas vulkanik di dalam bumi. Ketua Panitia Penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023, Lina mengatakan, energi geotermal merupakan sumber energi terbarukan yang memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan-keunggulan tersebut adalah: 

-Dapat diperbarui secara terus-menerus.
-Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.
-Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik, pemanas air dan budidaya pertanian.

Namun, energi geotermal juga memiliki beberapa tantangan, salah satunya adalah biaya yang relatif tinggi. Hal ini disebabkan oleh biaya eksplorasi dan pembangunan pembangkit listrik geotermal yang cukup besar.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah membantu untuk mengatasi tantangan ini. Teknologi pengeboran dan eksplorasi yang lebih canggih telah membuat biaya eksplorasi geotermal menjadi lebih terjangkau. Selain itu, teknologi pembangkit listrik geotermal yang lebih efisien juga telah membantu untuk mengurangi biaya operasi dan pemeliharaan," ungkap Lina, Kamis (14/9/2023).

Berkat kemajuan teknologi ini, energi geotermal menjadi lebih terjangkau dan efisien. Hal ini membuka peluang yang lebih besar bagi energi geotermal untuk dikembangkan dan digunakan secara luas.

Berikut beberapa contoh kemajuan teknologi telah membantu untuk membuat energi geotermal lebih terjangkau dan efisien dari pandangan PT Shan Hai Map selaku penyelenggara IREIS 2023:

• Teknologi pengeboran horizontal telah memungkinkan untuk mengebor lebih dalam dan lebih luas, sehingga dapat meningkatkan produksi panas bumi.

• Teknologi eksplorasi geofisika telah membantu untuk lebih akurat memprediksi potensi panas bumi di suatu lokasi.

• Teknologi pembangkit listrik geotermal yang lebih efisien telah mengurangi jumlah panas bumi yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut