get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati Anak Mudah Lelah, Bisa Jadi Penyakit Jantung Bawaan!

1 dari 4 Kematian di Indonesia Bisa Akibat Penyakit Jantung, RS EMS Cikarang Sediakan Operasi CABG

Kamis, 21 September 2023 | 09:25 WIB
header img
Tim dokter dari Heart and Vascular Center RS EMC Cikarang dr. Marolop Pardede, Sp.BTKV, Subsp.VE (K), MH mengatakan CABG adalah salah satu operasi bagi pengidap penyakit jantung koroner.

CIKARANG, iNewsTangsel.id - Rumah Sakit (RS) EMC Cikarang menilai salah satu penyebab kematian di dunia adalah penyakit jantung.

Begitupula di Indonesia bahwa satu dari empat kematian orang di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

“Penyakit jantung ditandai dengan penyempitan pembuluh darah serta disebabkan penumpukan plak di dinding arteri, sehingga penyumbatan pada arteri. Diperlukan penanganan yang cepat bagi penderita serangan jantung,” kata Dokter Spesialis jantung RS EMC Cikarang, dr. Kabul Priyantoro, Sp. JP (K) FIHA. 

Hal ini disampaikannya dalam 'Media Gathering bertajuk Pelayanan Paripurna: Pemerataan Layanan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah Purwakarta, Karawang, dan Bekasi (Purwabeka)' di Jakarta, Selasa (19/9/2023). 

Untuk mengatasi penyakit jantung dapat dilakukan Coronary Artery Bypass Graft (CABG) bagi sejumlah pasien laki-laki di RS EMC Cikarang dengan tingkat keberhasilan 100%.

Tim dokter dari Heart and Vascular Center RS EMC Cikarang dr. Marolop Pardede, Sp.BTKV, Subsp.VE (K), MH mengatakan CABG adalah salah satu prosedur operasi yang dapat dilakukan bagi pengidap penyakit jantung koroner. 

"Operasi ini dilengkapi dengan heart and lung machine," ucapnya. 

Direktur Rumah Sakit EMC Cikarang dr. Reni Fitriani menambahkan tindakan pemasangan ring jantung gawat darurat atau Intervensi koroner perkutan primer (IKPP) dapat menggunakan jaminan kesehatan nasional (JKN) dan asuransi lainnya. 

“Kami mewujudkan visi dan misi dengan hadir dengan fasilitas terbaik dalam pelayanan Kesehatan di RS EMC Cikarang, dengan service excellent melayani masyarakat di kawasan Purwabeka,” ujarnya. 

Editor : Mochamad Ade Maulidin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut