get app
inews
Aa Read Next : Game Asal Arab Ini Resmi Kolaborasi dengan E-Motion Hadirkan Playhera Indonesia

Piala Presiden Esports 2023, Lahirnya Juara Baru Esport Bawa Pulang Uang Total Rp2 Miliar

Senin, 23 Oktober 2023 | 11:08 WIB
header img
Serangkaian babak grand final Piala Presiden Esports 2023 yang digelar mulai Sabtu (21/10) hingga Minggu (22/10) di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, sukses dilaksanakan. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Serangkaian babak grand final Piala Presiden Esports 2023 yang digelar mulai Sabtu (21/10) hingga Minggu (22/10) di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, sukses dilaksanakan.

Keempat nomor gim yang dipertandingkan berhasil melahirkan para juara yang membawa pulang trophy Piala Presiden Esports 2023 serta hadiah dengan total senilai Rp2 miliar.

Selama dua hari penyelenggaraan, telah muncul juara-jara baru dalam keempat gim yang dipertandingkan. Pada nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Men, tim AURA Fire berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Rebellion Zion dengan skor 3-0. Sementara dalam nomor gim Lokapala, tim Mahadewa mampu menjadi yang terbaik setelah mengalahkan OPI Admirals dengan skor 3-0.

Dalam nomor gim lokal lainnya, yakni Battle of Guardians, atlet asal Bali, Joddz, berhasil mengalahkan Ucupbaddman. Pada nomor gim kategori wanita, tim Bigetron Era berhasil menciptakan sejarah dengan menjadi juara Mobile Legends: Bang Bang Women pertama.

Debora Imanuella, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), menyatakan bahwa kejuaraan olahraga elektronik non-developer yang bergengsi di Indonesia ini telah memberikan kesempatan bagi para bakat muda esports untuk bersinar dan mencakup pemain dari seluruh Indonesia, termasuk atlet perempuan. Ia berharap bahwa Piala Presiden Esports 2023 dapat menjadi dorongan bagi banyak bakat muda yang muncul di kancah esports Indonesia.

"PB ESI mengapresiasi langkah Piala Presiden Esports 2023 yang sukses menggelar turnamen skala besar dengan inklusifitas tinggi, mencakup pemain dari berbagai penjuru Indonesia, termasuk atlet esports perempuan. Tidak hanya itu, PB ESI juga mengapresiasi konsistensi Piala Presiden Esports dalam mempromosikan gim lokal yang kami yakini akan memperkuat ekosistem gim lokal yang sedang berkembang saat ini. Kami berharap kompetensi dan prestasi seluruh atlet yang berlaga, terutama para juara Piala Presiden Esports 2023, akan terus tumbuh dan meningkat, baik di tingkat nasional maupun internasional," jelas Debora.

Sementara itu, Rangga Danu Prasetyo, Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, mengungkapkan bahwa beberapa sejarah baru telah tercipta. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal yang dipertandingkan lebih banyak daripada gim mancanegara. Ini menggambarkan bahwa kejuaraan non-publisher terbesar di Indonesia ini juga memberikan peluang bagi pengembang gim lokal untuk berprestasi.

"Tahun ini, Piala Presiden Esports 2023 didominasi oleh gim buatan Indonesia, seperti Battle of Guardians dan Lokapala. Ini merupakan pencapaian yang membanggakan, menunjukkan bahwa kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu, sejarah lain tercatat pada tahun ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Presiden Esports, nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Women ikut dipertandingkan, memberi kesempatan kepada pemain pro wanita untuk berkompetisi dan meraih prestasi," kata Rangga.

Sebagai sponsor title Piala Presiden Esports 2023, Samsung Electronics Indonesia memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini, terutama kepada para atlet yang telah bersaing sejak awal turnamen. Andi Airin, Head of Marketing MX Samsung Electronic Indonesia, berharap bahwa prestasi para juara tidak hanya berhenti di sini.

"Kami mengucapkan selamat kepada para juara. Performa para juara Piala Presiden Esports 2023 luar biasa, dari awal turnamen hingga mencapai prestasi tertinggi. Semoga para juara esports baru ini tetap berlatih dengan tekun dan memiliki tekad tinggi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Kami akan terus mendukung perkembangan esports Indonesia melalui produk-produk yang kami sediakan dan program-program khusus esports yang telah kami rencanakan. Semoga esports Indonesia semakin maju dan dikenal di seluruh dunia," ujar Airin.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut