get app
inews
Aa Read Next : Tuhan Masih Berbicara Hari Ini

Melihat ke Belakang, Melihat ke Depan

Minggu, 31 Desember 2023 | 14:24 WIB
header img

CIPUTAT, iNewsTangsel.id - Penulis Pengkhotbah menghabiskan banyak waktu menjelajahi makna kehidupan. “Guru” ini, seorang raja Israel di Yerusalem (yang secara tradisional diidentifikasi sebagai Raja Salomo), telah mencoba semua cara dalam mencari makna—kuasa dan prestise, harta dan wanita. Namun, ia mengamati dan menemukan bahwa generasi datang dan pergi, namun semuanya tampak seperti siklus tanpa akhir…

Kita bekerja keras, namun pada akhirnya kita mati.

Kita memperoleh sesuatu, tetapi pada akhirnya kita mati.

Kita punya keluarga, tapi pada akhirnya kita mati.

Entah kita menjalani hidup dengan berbuat baik atau jahat, pada akhirnya kita semua akan mati.

Namun ia melanjutkan dengan mengatakan, "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

Pengkhotbah 3:11 TB

Saat Anda menatap langit yang dipenuhi bintang, memeluk bayi yang baru lahir, atau berjalan melintasi padang bunga liar, Anda diingatkan akan sesuatu yang lebih besar—Sang Penciptamu. 

Saat Anda mempelajari apa yang tercatat dalam sejarah manusia atau bahkan memproses kehidupan Anda sendiri, Anda akan mendapatkan sekilas tentang gambaran yang lebih besar—namun Anda hanya bisa melihat sebatas itu saja.

Bukanlah tugas Anda untuk mengetahui segalanya, tetapi tugas Anda adalah memercayai Tuhan. 

Di akhir kitab ini, Sang Guru menyampaikan kesimpulan terakhirnya: “Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang" (Pengkhotbah 12:13).

Jika Anda melihat kembali tahun ini, apakah yang indah? Sekalipun ada hal menantang atau membebani, apa yang Tuhan ajarkan kepada Anda melalui hal tersebut? 

Terlepas dari masa lalu atau masa depan, Anda dapat percaya bahwa Tuhan sedang bekerja—dari awal hingga akhir.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut