get app
inews
Aa Read Next : Geger Penemuan Jasad Wanita Tanpa Kepala dan Jari di Karawaci Tangerang

Ternyata Ini Arti Nama Tangerang

Sabtu, 13 Januari 2024 | 13:02 WIB
header img
Nama Tangerang berasal dari dua kata, yaitu tangger dan ang. Kata tangger dalam bahasa Sunda memiliki arti tanda atau batas. Foto: Dok

PAMULANG, iNewsTangsel.id - Nama Tangerang berasal dari dua kata, yaitu "tangger" dan "ang". Kata "tangger" dalam bahasa Sunda memiliki arti "tanda" atau "batas". Sedangkan kata "ang" merupakan akhiran yang sering digunakan dalam bahasa Sunda.

Oleh karena itu, nama Tangerang secara umum dapat diartikan sebagai "tanda batas" atau "batas wilayah". Hal ini berkaitan dengan sejarah Tangerang sebagai wilayah perbatasan antara Kesultanan Banten dan Pemerintah Hindia Belanda pada masa lalu.

Lebih spesifik, nama Tangerang dapat diartikan sebagai "tanda batas antara wilayah Kesultanan Banten dan wilayah Hindia Belanda". Hal ini merujuk pada Sungai Cisadane yang menjadi batas antara kedua wilayah tersebut.

Pada masa lalu, Sungai Cisadane merupakan medan pertempuran yang sering terjadi antara Kesultanan Banten dan Pemerintah Hindia Belanda. Oleh karena itu, nama Tangerang juga dapat diartikan sebagai "tanda pertempuran".

Saat ini, nama Tangerang digunakan untuk menyebut tiga wilayah di Provinsi Banten, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ketiga wilayah tersebut terletak di sebelah barat Sungai Cisadane.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut