get app
inews
Aa Read Next : Kesaksian Atas Kesetiaan dan Komitmen

Jadilah Terang

Minggu, 04 Februari 2024 | 11:35 WIB
header img

JAKARTA, iNewsTangsel.id - ​​​​​Bayangkan: kota besar dengan gedung-gedung tinggi, desa di puncak bukit yang dikelilingi oleh pertanian yang subur, komunitas tepi laut di atas tebing raksasa. Kota memang mengesankan, tetapi tidak dapat disangkal lagi, kota akan tampak lebih bersinar ketika berada di atas bukit. Dan, mereka lebih cemerlang lagi ketika dipenuhi dengan cahaya.

Berbicara kepada orang banyak dan murid-murid-Nya dalam Khotbah di Bukit yang terkenal, Yesus mengatakan kepada mereka:

"Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi."
Matius 5:14 PBTB2

Ketika Ia melanjutkan pesan-Nya, Yesus menjelaskan, seperti sebuah kota di atas bukit atau pelita di atas kaki dian, "Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga." (Matius 5:16).

Yesus sering menggunakan perumpamaan untuk membuat orang berpikir, jadi berikut adalah enam hal yang perlu Anda perhatikan saat merenungkan ayat tersebut:

1. Segala sesuatu adalah milik-Nya. Kita hanya menjadi terang jika kita memiliki terang cahaya-Nya yang bersinar melalui kita. Segala sesuatu yang baik awalnya diberikan oleh-Nya, dan ini seharusnya menguatkan kita dengan kepercayaan diri yang rendah hati.

2. Kita telah dipilih. Kita tidak dapat melakukan apa pun untuk memperoleh kehormatan dan tanggung jawab sebagai pemantul cahaya. Ini adalah gelar yang diberikan kepada kita karena itu adalah kebenaran yang terbukti dengan sendirinya.

3. Jangan menyembunyikannya. Terang Tuhan di dalam diri kita tidak dapat disembunyikan. Ketika kita sungguh-sungguh mengikuti Dia, hal itu akan terlihat jelas dan tak terbantahkan. Jadi, kita dapat dengan berani dan tanpa malu bersinar terang bagi-Nya.

4. Jadilah terang. Meskipun kita tidak ingin dunia di sekitar kita menjadi semakin gelap, Alkitab mengajarkan bahwa hal itu tidak dapat dihindari. Meskipun demikian, terang-Nya akan paling bercahaya di dalam kegelapan.

5. Tidak ada lagi kegelapan. Para pengikut Kristus dimaksudkan untuk menjadi mercusuar terang, menerangi kebenaran Allah dan menyinari kasih-Nya. Siapa pun yang mengikuti Yesus tidak akan pernah berjalan dalam kegelapan (Yohanes 8:12).

6. Terdorong untuk beribadah. Tujuan membawa terang ini bukanlah untuk menarik perhatian kepada diri kita sendiri tetapi untuk mendorong orang lain menyembah Tuhan. Gereja global dimaksudkan untuk menjadi terang yang paling cemerlang yang pernah ada di dunia, dan Anda dapat menjadi bagian dari kota itu, yaitu Gereja. 

Meskipun matahari mungkin tenggelam di bawah cakrawala dan dunia menjadi semakin gelap, kemuliaan kota seperti itu tidak dapat diabaikan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut