get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Kecelakaan Bus di Tol Batang, 7 Orang Tewas dan 15 Luka Ringan

Ganjil Genap Berlaku saat Mudik Lebaran, Pengendara akan Ditilang bila Melanggar

Senin, 01 April 2024 | 07:56 WIB
header img
Pemudik yang melanggar aturan ganjil genap tidak akan diputar balik. Mereka akan ditilang melalui sistem ETLE, dan surat tilang akan dikirim setelah masa libur Lebaran (Foto: Astra Tol Cipali)

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menegaskan bahwa pengendara atau pemudik yang melanggar aturan ganjil genap di jalan tol saat musim mudik akan ditilang.

Aturan ini berlaku dari KM 0 Jakarta hingga KM 414 Semarang. "Mobilisasi mobil pribadi perlu dibatasi untuk menghindari kemacetan selama arus mudik dan arus balik libur Lebaran," ujar Aan di Polda Jateng, pada Minggu (31/3).

Ganjil genap diterapkan sebagai salah satu upaya pembatasan, berdasarkan hasil simulasi di Japek dan Cipali yang menunjukkan rasio kemacetan yang tinggi saat tidak diterapkan ganjil genap.

Namun, pemudik yang melanggar aturan ganjil genap tidak akan diputar balik. Mereka akan ditilang melalui sistem ETLE, dan surat tilang akan dikirim setelah masa libur Lebaran. "Kita tidak akan menghentikan atau memutar balik pemudik, tetapi akan mengawasi dengan sistem ETLE. Surat tilang akan dikirim setelah libur Lebaran ke alamat yang tertera di STNK," kata Aan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut