get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kinerja, Mendagri Tekankan Pentingnya Iklim Kompetitif Antar-Kepala Daerah

Menag Yaqut Tegaskan UKT Tak Boleh Beratkan Mahasiswa

Minggu, 26 Mei 2024 | 20:41 WIB
header img
Menteri Agama RI, Gus Yaqut.

TANGSEL, iNewsTangsel -  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya biaya kuliah tunggal (UKT) yang tidak memberatkan mahasiswa dalam pidatonya pada acara Ikaluin Jakarta Award 2024.

Acara yang berlangsung meriah ini menjadi momentum bagi Menteri Agama untuk memberikan pandangannya terkait kebijakan pendidikan di Indonesia.

"Prinsipnya, UKT itu tidak boleh memberatkan mahasiswa. Itu saja, prinsipnya. Jadi nanti Pak Rektor akan terus berkoordinasi dengan kami, berkait dengan UKT," ujar pria yang disapa Gusmen, Minggu( 26/5/2024)

Ia menambahkan bahwa UKT hanya mencakup 36% dari total keseluruhan kebutuhan operasional kampus, sehingga tidak seharusnya menjadi beban utama bagi mahasiswa.

Yaqut juga mengapresiasi acara Ikaluin Jakarta Award yang dianggapnya luar biasa dan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya.

 "Luar biasa, saya kira Ikaluin Jakarta ini bisa menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain. Bagaimana penghargaan yang diberikan bisa memacu seseorang untuk terus berprestasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Yaqut berharap acara penghargaan ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan kontribusi besar dalam mencetak pemimpin masa depan.

"Ya, saya berharap acara ini akan tetap terus dilaksanakan. Dan harapan saya yang lebih besar terhadap Ikaluin Jakarta ini, bisa menjadi iron stock, atau menjadi stok pemimpin di masa yang datang," katanya optimis.

Yaqut menyatakan keyakinannya bahwa di bawah kepemimpinan yang baik, acara seperti ini akan terus memberikan manfaat besar.

"Dan saya yakin, di bawah kepemimpinan mas ace hasan acara ini, kita akan mudah mencapainya," pungkasnya.

Dengan tanggapan tersebut, Menteri Agama menegaskan komitmennya untuk terus mendukung kebijakan yang meringankan beban mahasiswa, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut