get app
inews
Aa Read Next : IDeaward 2024, Mengubah Indonesia Melalui Inovasi dan Kreativitas

Simulasi PatraData: Dukungan Koalisi Solid, Maesyal Rasyid Kuasai 5.448 TPS di Kabupaten Tangerang

Jum'at, 21 Juni 2024 | 13:01 WIB
header img
PatraData, lembaga riset dan konsultan politik berbasis teknologi big data merilis hasil simulasi kekuatan mesin politik bakal calon bupati Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid versus Mad Romli. Foto: Ist

TANGERANG, iNewsTangsel.id - PatraData, lembaga riset dan konsultan politik berbasis teknologi big data merilis hasil simulasi kekuatan mesin politik bakal calon bupati Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid versus Mad Romli, dalam Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 mendatang.
 
Dengan teknologi algoritma machine learning dan big data analytics, menunjukkan Maesyal Rasyid akan mengungguli Mad Romli pada Pilkada November mendatang. Analitik dan simulasi ini dilakukan menggunakan data historis Pilkada dan Pemilu 2024.

"Selain itu, PatraData juga memanfaatkan teknologi pemetaan geospasial untuk memahami distribusi dukungan di berbagai wilayah Kabupaten Tangerang," kata Direktur Riset dan Pendampingan PatraData, Hasmin Aries Pratama, dalam keterangannya, Jumat (20/06/2024).

Menurut hasil simulasi, Maesyal Rasyid, Sekda Kabupaten Tangerang, jika diusung koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, dan PKB, diprediksi akan mendominasi 5.448 TPS di zona hijau yang merupakan basis kuatnya, 1.772 TPS berada di zona kuning yang kompetitif, dan 1.796 TPS di zona merah yang dikuasai lawan.

Sementara itu Mad Romli, Mantan Wakil Bupati Tangerang jika diusung oleh Golkar dan PPP  diproyeksikan akan mengontrol 3,890 TPS di zona hijau, bersaing di 2,395 TPS di zona kuning, dan menghadapi dominasi lawan di 2,731 TPS di zona merah.

Simulasi yang dilakukan oleh PatraData ini menunjukkan dominasi Maesyal Rasyid di mayoritas TPS di Kabupaten Tangerang.

"Penguasaan di 5.448 TPS ini menunjukkan bahwa dengan dukungan koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, dan PKB Maesyal Rasyid sangat kuat di berbagai wilayah strategis Kabupaten Tangerang," tambah Hasmin Aries Pratama.

Teknologi pemetaan geospasial yang digunakan oleh PatraData memberikan gambaran rinci mengenai persebaran dukungan di berbagai wilayah, memungkinkan strategi kandidat lebih terarah dan efektif. Dengan dominasi yang kuat di zona hijau, koalisi yang mengusung Maesyal Rasyid memiliki modal yang signifikan untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Tangerang 2024.

"Analisis ini menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada jika strategi kampanye yang tepat diterapkan, terutama dengan dukungan kuat dari koalisi partai yang solid," kata Hasmin Aries Pratama. "Namun, perhatian khusus tetap harus diberikan pada zona kuning dan merah untuk memaksimalkan hasil pemilu."

Dengan simulasi berbasis teknologi ini, PatraData memberikan pandangan yang komprehensif mengenai peta kekuatan politik di Kabupaten Tangerang, membantu para pengamat politik dan tim kampanye untuk memahami dinamika pemilih dengan lebih baik.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut