get app
inews
Aa Read Next : Menhan Prabowo Sambut Grand Syekh Al Azhar Prof. Ahmed di Kemhan

Liga Arab Sepakat Boikot Perusahaan yang Berafiliasi Dengan Israel

Minggu, 07 Juli 2024 | 12:19 WIB
header img
Para peserta menyampaikan apresiasi mereka atas upaya gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) ini. Dok Foto/Okezone

KAIRO, iNewsTangsel.id - Beberapa negara anggota Liga Arab akhirnya sepakat untuk memboikot perusahaan yang berafiliasi dengan Israel.

Hal ini tercantum dalam pernyataan yang dikeluarkan pada akhir konferensi ke-96 Pejabat Penghubung Kantor Regional Arab tentang Boikot Israel, yang diadakan di Kairo.

Delegasi Arab juga mengeluarkan seruan kepada perusahaan lain, menuntut mereka menarik investasi dan menghentikan kerja sama dengan rezim pemukiman kolonial, sesuai dengan aturan boikot yang telah ditetapkan.

"Pengumuman larangan terhadap perusahaan yang melanggar aturan dan ketentuan boikot Arab dalam investasi di pemukiman ilegal yang hanya untuk Yahudi," ujar keputusan Liga Arab seperti dikutip dari Middle East Monitor, Minggu (7/7/2024).

Para peserta menyampaikan apresiasi mereka atas upaya gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) ini.

Konferensi yang dipimpin oleh Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab untuk Palestina dan Wilayah Arab yang Diduduki, Duta Besar Saeed Abu Ali, menekankan pentingnya memperkuat kerja badan boikot Arab dan menindaklanjuti upaya dan kegiatan mereka dalam melaksanakan ketentuan boikot Arab.

Konferensi ini juga menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi antara Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), khususnya untuk mengembangkan mekanisme boikot Islam dan mengintegrasikannya dengan boikot Arab dan internasional.

Mereka juga mendesak Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk mematuhi pembaruan tahunan "daftar hitam" perusahaan global dan Israel yang beroperasi di pemukiman ilegal Israel di wilayah Arab yang diduduki (Tepi Barat dan Golan), sesuai dengan resolusi Dewan 31/36 tahun 2016.

Konferensi mengecam setiap undang-undang atau keputusan yang mengkriminalisasi dan menargetkan gerakan BDS, mencegah divestasi, dan tindakan boikot terhadap Israel, termasuk undang-undang tentang aktivitas ekonomi untuk badan publik yang dikeluarkan oleh House of Commons Inggris, dan keputusan serupa di Jerman dan beberapa negara bagian AS.

Selain itu, konferensi tersebut menyerukan kepada FIFA dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk melarang Israel berpartisipasi dalam acara olahraga mengingat tindakan penghancuran dan genosida yang terus berlangsung di Jalur Gaza.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut