get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Pendidikan STEAM, Sampoerna Academy Hadirkan Buku Cerita Berkualitas Karya Para Siswa

Dalam Rangka KKN, 5.500 Mahasiswa UIN Dilepas ke Berbagai Daerah di Indonesia

Rabu, 10 Juli 2024 | 17:24 WIB
header img
Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentang pentingnya persiapan menghadapi dunia kerja global

CIPUTAT, iNewsTangsel.id - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Kuliah Umum yang dihadiri oleh Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, bersama dengan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar.

Acara ini diwarnai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan pelepasan 5.500 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 ke berbagai daerah di Indonesia serta lima negara di dunia.

Prof. Asep Saepudin Jahar menekankan pentingnya persiapan yang matang bagi mahasiswa, terutama dari program studi psikologi, kesehatan, dan kedokteran.

"Kita persiapkan kebutuhan-kebutuhan dari program studi psikologi, kesehatan, dan kedokteran," ujarnya, Rabu (10/7/2024).

Prof. Asep juga menekankan pentingnya kontinuitas dan kolaborasi dalam mempersiapkan alumni untuk dunia kerja.

"Yang penting ada kontinuitas dan yang paling penting kolaborasi.", tegasnya.

Dalam sambutannya, Kepala BP2MI Benny Rhamdani menegaskan pentingnya sosialisasi terkait peluang kerja di luar negeri.

"Dalam acara pelepasan mahasiswa KKN 2024 Universitas Islam Syarif Hidayatullah, kita juga adakan sosialisasi terkait peluang kerja di luar negeri," ujar Benny kepada iNewsTangsel.id

Ia juga menyoroti pentingnya penyebaran informasi yang masif untuk mencegah mahasiswa menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

"Diharapkan sosialisasi kita semakin masif sehingga informasi yang diberikan dapat mencegah anak-anak bangsa yang bekerja ke luar negeri menjadi korban tindak pidana perdagangan orang atau TPPO."

Lebih lanjut, Benny Rhamdani mendorong mahasiswa untuk tidak hanya mencari pekerjaan di dalam negeri tetapi juga melihat peluang kerja di luar negeri yang sangat terbuka lebar.

"Kita harus mendorong anak-anak bangsa untuk tidak hanya berpikir mendapatkan pekerjaan di dalam negeri, tetapi juga melihat peluang kerja di luar negeri yang sangat terbuka. Upaya keras harus dilakukan untuk mempersiapkan SDM, dan lembaga perguruan tinggi adalah tempat untuk menyiapkan SDM tersebut," tambahnya.

Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentang pentingnya persiapan menghadapi dunia kerja global dan memanfaatkan peluang yang ada, baik di dalam maupun di luar negeri.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut