get app
inews
Aa Read Next : Pramono Anung Ungkap Isi Percakapan Bersama Prabowo Subianto di Istana Merdeka

Yandri Susanto Sebut PAN Bersedia Ikut Nasdem Dukung Anies Baswedan, Asalkan Penuhi Syarat Ini

Jum'at, 26 Juli 2024 | 14:16 WIB
header img
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto memberi sinyal bahwa PAN akan turut bergabung dengan NasDem mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Namun, kata Yandri, dengan suatu syarat.

"Tentu PAN tidak menutup kemungkinan juga bisa bergabung juga dengan Anies. Tapi dengan syarat, syaratnya wakil gubernurnya dari PAN, Zita Anjani," kata Yandri saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2024).

Bila syaratnya tak dipenuhi, kata Yandri, PAN tak segan bakal memunculkan alternatif figur lain. Salah satunya, Jusuf Hamka atau Baba Alun atau Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kalau itu tidak ada titik temu, ya berarti kemungkinan PAN akan memunculkan calon alternatif, ya bisa Yusuf Hamka bisa, Ahok bisa, nama lain. Artinya sangat dinamis DKI Jakarta ini," terang Yandri.

Yandri berkata, PAN akan memberikan SK dukungan ke Anies bila memilih Zita sebagai pendampingnya. "Jadi kalau misalkan Anies ngambil Zita, langsung besok SKnya langsung keluar. Langsung deklarasi kita. PAN terdepan untuk memenangkan," ucap Yandri.

Menurutnya, seluruh figur yang akan berkontestasi di Pilgub Jakarta 2024 memiliki peluang menang yang sama. "Jadi Anies berpeluang untuk menang, termasuk kompetitor nanti juga berpeluang untuk menang. Nah PAN sedang memastikan itu semua," tuturnya.

 

Sebelumnya, DPP Partai Nasdem resmi mengusung Anies Rasyid Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Nasdem Hermawi Taslim.

 

"Menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh memimpin rapat langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Nasdem," kata Hermawi dalam jumpa pers di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

 

Hermawi yang didampingi Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyebut bahwa terkait Bacawagub diserahkan kepada Anies paling lambat 22 Agustus 2024.

 

"Kemudian kita juga tadi tetapkan deklarasi dengan pasangan, Pak Anies siapa pasangannya akan dijelaskan nanti selambatnya tanggal 22 Agustus 2024, tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan PR-nya dalam waktu 3 hari berarti tanggal 25 dan seterusnya kira kira seperti itu," ujarnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut