BSD, iNewsTangsel.id - Takara Standard, produsen peralatan rumah tangga asal Jepang yang dikenal dengan produk dapur dan kamar mandi built-in, hadir di “Indo Build Tech Expo,” pameran bahan bangunan, konstruksi, dan interior terbesar di Indonesia.
Takara melihat potensi besar di pasar Indonesia dan sedang mempertimbangkan untuk memasukkan produk-produk Takara yang berlapis enamel berkualitas tinggi ke pasar ini sambil mencari mitra bisnis lokal. Langkah ini merupakan strategi Takara untuk meningkatkan penjualan luar negeri hingga 10 miliar JPY (yen) pada tahun fiskal 2030.
General Manager Overseas Business Strategy Office Takara Standard, Toichi Ishiyama, menjelaskan, “Takara Standard telah melakukan ekspansi internasional besar-besaran sejak tahun 2015. Kami telah mencapai pertumbuhan penjualan yang stabil, terutama di Asia Tenggara, didukung oleh produk enamel high-end HORO kami yang cocok untuk iklim panas dan lembab. Indonesia adalah pasar potensial terbaru Takara Standard karena pertumbuhan ekonominya yang luar biasa, terutama di kalangan high-end yang antusias terhadap real estate, dan kebutuhan akan dapur berkualitas. Kami juga melihat populasi Indonesia yang diperkirakan akan terus bertumbuh hingga tahun 2050.”
“Kami sedang menjajaki minat masyarakat Indonesia terhadap produk unggulan Takara, yaitu dapur built-in HORO berlapis enamel serta bahan interior HORO, yang akan muncul untuk pertama kalinya di negara ini, sambil mencari perusahaan lokal yang dapat menjadi mitra untuk ekspansi di masa depan,” tambah Ishiyama pada Rabu (7/8/2024).
Pada Desember 2023, Takara Standard juga berpartisipasi dalam pameran di India. Selama acara empat hari tersebut, Takara menerima ratusan pengunjung yang memberikan pujian tinggi pada produk enamel mereka, dan kini sedang dalam proses pemilihan perusahaan mitra di India untuk peluncuran produk mereka di negara tersebut dalam waktu dekat.
Salah satu produk unggulan Takara Standard yang menggunakan material HORO adalah dapur built-in HORO, yang menawarkan fitur seperti mudah dibersihkan, tahan api, dan memiliki daya tahan kuat. Di Indonesia, di mana rempah-rempah dan minyak sering digunakan dalam memasak, dapur berlapis enamel memungkinkan kotoran dihilangkan hanya dengan setetes air, membuatnya mudah dibersihkan.
Selain itu, karena bahan dasar produk enamel ini adalah besi, kekhawatiran akan rayap dapat dieliminasi. Bahkan dalam iklim tropis yang panas dan lembap, dapur Takara Standard akan tahan terhadap kelembapan, sehingga memberikan daya tahan bertahun-tahun dengan penanganan yang baik.
Fitur lainnya adalah desain permukaan menggunakan teknologi HORO Enamel Inkjet Printing satu-satunya di dunia yang dikembangkan pada tahun 2015. Teknologi ini memungkinkan Takara Standard untuk menawarkan dapur built-in dengan pola serat kayu, pola serat batu, dan desain gaya keramik yang pasti akan memenuhi kebutuhan beragam pelanggan di pasar Indonesia.
Produk HORO, khususnya dapur built-in HORO Takara Standard, merupakan fokus utama dalam ekspansi Takara Standard. Takara Standard akan memperkuat penjualan di negara-negara yang sudah ada dan membangun fondasi bisnis melalui strategi pemasaran dan branding yang dipimpin oleh Global Business Headquarters yang baru didirikan pada April tahun ini.
“Saat ini, bisnis luar negeri Takara Standard mencatat penjualan sekitar 1,2 miliar yen, dengan fokus utama di Taiwan, Vietnam, dan Cina. Untuk mencapai visi jangka panjangnya, kami menetapkan target ambisius dengan mencapai penjualan sebesar 10 miliar yen pada tahun fiskal 2030. Target ini akan dicapai dengan memperluas operasi ke lima wilayah, termasuk tambahan pasar baru di India dan Indonesia, di samping negara lainnya. Kami yakin dengan inisiatif ini, Takara Standard dapat mencapai pertumbuhan signifikan dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri di pasar internasional,” pungkas Ishiyama.
Editor : Hasiholan Siahaan