get app
inews
Aa Read Next : Rakernas PKS 2024

Pemkot Tangsel Optimalkan Pelayanan Publik, Rakor Pengelolaan Aduan SP4N-LAPOR Capai Prestasi

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 18:44 WIB
header img
Rakor ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan responsif terhadap pengaduan masyarakat

TANGSEL, iNewsTangsel.id -Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengelolaan pengaduan pelayanan publik menggunakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Rakor ini berlangsung di Command Center, Puspemkot Tangsel, dan dihadiri oleh seluruh operator perangkat daerah setempat.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Heru Agus Santoso, dalam sambutannya menekankan pentingnya Rakor ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Heru menjelaskan bahwa kehadiran SP4N-LAPOR telah mempermudah interaksi antara pemerintah dan masyarakat. 

"Dengan SP4N-LAPOR, proses pengaduan menjadi lebih transparan dan responsif, yang membuat warga merasa lebih didengar dan diakomodasi," ujarnya, Sabtu (10/8/2024).

Dalam laporan perkembangan, Heru menyebutkan bahwa tindak lanjut pengaduan melalui SP4N-LAPOR semakin cepat. 

Pada tahun 2022, persentase penyelesaian pengaduan di Tangsel tercatat sebesar 8,06 persen. Namun, angka ini melonjak drastis menjadi 99,2 persen pada tahun 2023.

"Kami berharap di tahun 2024 bisa mencapai 100 persen penyelesaian pengaduan."

Ahmad Syatiri, Kepala Bidang Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Layanan Informasi Publik, mengungkapkan bahwa hingga saat ini, terdapat 633 pengaduan masyarakat yang masuk pada tahun 2024, dengan persentase penyelesaian mencapai 92,4 persen.

Meskipun demikian, masih ada 16 laporan yang sedang dalam proses tindak lanjut. Ahmad juga mencatat bahwa pengaduan yang paling sering diterima adalah terkait pencemaran lingkungan, yang menunjukkan perlunya peningkatan responsivitas dan efektivitas perangkat daerah dalam menangani isu tersebut.

"Untuk memastikan SP4N-LAPOR berfungsi secara optimal, aparatur yang terlibat harus terus meningkatkan pemahaman dan kecepatan dalam menangani setiap aduan. Ini adalah kunci untuk memberikan tanggapan yang cepat dan efektif," jelas Ahmad.

Rakor ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan responsif terhadap pengaduan masyarakat, sejalan dengan upaya menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi seluruh warga.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut