get app
inews
Aa Read Next : IBI Kosgoro 1957 Fokus Mencetak Generasi Religius dan Nasionalis di Era Digital

Teknologi Baru Mengubah Dunia Finansial Secara Global

Rabu, 25 September 2024 | 11:18 WIB
header img
Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, sudah wajar jika dikatakan bahwa keuangan adalah tentang teknologi modern, sementara di pasar negara berkembang seperti India dan Asia Tenggara, orang-orang masih membiasakan diri dengan teknologi.

Seperti yang diperkirakan, teknologi dan aplikasi finansial semacam ini juga dibutuhkan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Singapura dan Malaysia memimpin dengan cara-cara baru untuk menjaga uang Anda dan trading dari perangkat Anda sendiri. Singapura memiliki bank digital yang hebat seperti Grab Financial Group dan SeaBank dari SeaGroup. Bank Malaysia telah memberi lisensi perbankan digital kepada Boost Holdings dan RHB Bank, yang menandakan bahwa negara ini terjun ke dunia keuangan digital. Orang-orang di Indonesia dan Filipina juga menggunakan aplikasi mobile untuk memantau dan mengelola dana pribadi. Perusahaan seperti Gojek dan Grab sedikit lebih maju dalam hal apa yang bisa dilakukan pengguna dengan uang sehingga mereka bisa mendapatkan uang tunai bahkan ketika tidak ada bank di sekitar mereka.

4. Teknologi cloud dan big data

Teknologi cloud merupakan faktor besar dalam perbankan Amerika dan Eropa, bank menggunakannya untuk menyimpan informasi dalam jumlah besar di cloud dan menganalisisnya. Teknologi cloud memungkinkan mereka untuk segera menyesuaikan diri dengan pasar dan merespons perubahan yang terjadi di industri ini. Big data juga cukup penting karena membantu memahami apa yang sebenarnya terjadi di pasar pada saat tertentu. Big data memungkinkan bank untuk trading dengan lebih baik dan menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas. Amazon Web Services dan Microsoft Azure adalah dua perusahaan terkenal yang memiliki solusi khusus untuk menyimpan informasi di cloud. Bank-bank di India juga makin sering menggunakan solusi semacam ini dari hari ke hari untuk meningkatkan layanan finansial. Dengan bantuan teknologi ini, perusahaan-perusahaan di India dapat menghemat biaya infrastruktur dan menerapkan tool baru untuk analisis. Penyimpanan cloud dan big data sangat berharga bagi perusahaan yang telah menghasilkan banyak uang di bidang teknologi maupun bagi pendatang baru. Di Singapura dan Malaysia, bank-bank menggunakan platform cloud untuk data. Bank-bank ini dapat memanfaatkan platform tersebut untuk menyempurnakan proses kerja dan siap menyambut perubahan pasar. Hal yang sama juga berlaku untuk bank-bank di Indonesia dan Filipina. Bank menggunakan teknologi cloud untuk meningkatkan kinerja dan mengambil keputusan yang lebih baik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, teknologi baru sudah mengubah dunia finansial secara global. Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, sudah wajar jika dikatakan bahwa keuangan adalah tentang teknologi modern, sementara di pasar negara berkembang seperti India dan Asia Tenggara, orang-orang masih membiasakan diri dengan teknologi.

Trading algoritmik dan AI sedang berkembang pesat. Keduanya memperbaiki cara trading sehingga lebih cepat dan lebih akurat. Blockchain dan kripto membuka cara baru untuk trading dan investasi karena produk Fintech modern dan aplikasi mobile menjadikan layanan finansial lebih nyaman bagi pelanggan pada umumnya. Teknologi cloud dan big data juga membantu perusahaan-perusahaan sehingga dapat beroperasi dengan lebih baik dalam konteks ini, dan negara seperti India dan negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi finansial secara global. Menurut Kar Yong Ang, analis Broker Octa, dengan makin banyaknya orang yang tertarik dengan solusi inovatif, dan seiring perbaikan lanskap regulasi, wilayah ini akan terus berkembang dan beradaptasi untuk memenuhi tuntutan pasar finansial saat ini.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut