get app
inews
Aa Read Next : Raffi Ahmad, Nagita serta Rafthar dan Cipung ke Mekkah, Bagaimana Hukum Anak Kecil Jalani Umrah?

Menelusuri Kampus Pemberi Gelar Doktor untuk Raffi Ahmad, Netizen Sampai Naik Bus yang Ditemui Hotel

Senin, 30 September 2024 | 20:05 WIB
header img
Kasus gelar doktor Raffi Ahmad telah memicu perdebatan sengit di media sosial. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTangsel.id - .Kasus gelar doktor Raffi Ahmad telah memicu perdebatan sengit di media sosial. Penelusuran independen yang dilakukan oleh netizen menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara informasi yang diberikan oleh kampus dan kondisi fisik di lapangan.

Netizen pun menelusuri alamat kampus tersebut hingga menggunakan angkutan umum bus. 

Sebelumnya Raffi Ahmad belum lama  mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari sebuah universitas di Thailand. Kampus tersebut diketahui bernama Universal Institute of Professional Management atau UIPM Thailand. Hal ini bermula dari postingan akun X, @ibrahimniar. 

Dalam postingan tersebut, netizen Indonesia yang menetap di Thailand itu mengaku penasaran dan ingin mencari tahu alamat serta gedung kampus Raffi Ahmad ini.

“Sebagai warga +62 yang tinggal di Bangkok, penasaran sama kampus yang kasih Doctor Honoris Causanya aa @RaffiAhmadLagi. Ini guide line cara menuju kampusnya dari halte bus Ratchatewi. Naik bus biru no 29, turun di halte Grand Miracle Hotel,” tulis netizen itu dikutip Senin (30/9/2024).

Netizen itu mengungkap kampus UIPM yang memberikan gelar pada suami Nagita Slavina itu beralamat di Vibharadi-Rangsit 64 Yeak 3. Siapa sangka, bangunan yang berada di alamat tersebut justru bikin syok.

Warganet itu mengungkap gedung yang berada tepat di alamat tersebut bukanlah kampus, melainkan sebuah hotel. 

“Taraaaa. Sampailah di Vibharadi-Rangsit 64, Yeak 3 yang ternyata hotel. Sampai masuk dan tanya ke resepsionis terkait kebenaran alamat di website UIPM. Ternyata bukan kampus,” tambahnya.

Sementara itu, netizen tersebut sempat mengungkap website dari UIPM Thailand. Dijelaskan bahwa gedung untuk UIPM tersebut memiliki tiga lokasi di berbagai negara yakni di Thailand, Rusia, Amerika Serikat hingga Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Sebagai informasi, Universal Institute of Professional Management atau UIPM merupakan sebuah perguruan tinggi asing dan menerapkan pembelajaran secara daring. Dari informasi yang beredar di laman Universal Intitute of Professional Management, kampus online tersebut memiliki alamat Thailand, Rusia, Amerika Serikat hingga Indonesia.

Sementara itu, seorang netizen lainnya pemilik akun X, @vincentstefs, turut membuat penulusan untuk kampus yang memberi gelar Doktor pada Raffi Ahmad ini. Berdomisili di Bekasi, Jawa Barat, netizen itu turut menelusuri lokasi yang tertera untuk kampus tersebut.

“Oke sebagai warga Bekasi yang rumahnya dekat dengan kampus yg kasih Doctor Honoris Causa ke RA, tentu penasaran juga,” tulisnya.

Tak beda jauh dengan di Thailand, netizen itu mengatakan alamat yang tertera merupakan sebuah gedung perkantoran biasa. Menurut kesaksiannya, kampus UIMP tersebut berada di lantai 7 gedung itu. Namun lagi-lagi tak ditemukan fisik dari kampus tersebut, melainkan hanya sebuah space yang bisa disewakan.

“Ternyata vOffice adalah penyedia ruangan kalau perusahaan mau punya kantor kicil, mau sewa ruangan meeting doang juga boleh. Dan ini list perusahaan-perusahaan yang sewa ruangan, lihat ada nama "kampus",” tulis akun tersebut.

Momen netizen saat menelusuri kebenaran kampus yang memberikan gelar Doktor untuk Raffi Ahmad ini pun mengundang komentar pedas para warganet. Mereka pun ikut mempertanyakan kredibilitas dari gelar yang didapat bapak dua anak itu.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut