get app
inews
Aa Text
Read Next : KPPB dan Meiline Tenardi Wujudkan Aksi Ramadhan Penuh Cinta dan Kepedulian Pada Sesama Membutuhkan

Perkuat Perlindungan IP di Asia Tenggara, Brand Global Ini Gencarkan Kampanye Lintas Negara

Minggu, 23 Maret 2025 | 23:52 WIB
header img
Maraknya pemalsuan IP, Sanrio Gencarkan Kampanye Lintas Negara belum lama ini.

JAKARTA,iNewsTangsel.id- Maraknya peredaran barang-barang palsu dan memperkuat perlindungan kekayaan intelektual (IP) di Asia Tenggara menginisiasi Brand global Sanrio menggencarkan kampanye lintas negara.

Kampanye ini diluncurkan di Indonesia, Singapura, dan Thailand dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang risiko produk palsu, sekaligus memperkuat upaya dalam menjaga integritas merek dan kepercayaan pelanggan.

Sebagai salah satu pasar utama Sanrio, Asia Tenggara memiliki komunitas penggemar yang penuh semarak dalam mengapresiasi dan merayakan keceriaan melalui karakter-karakter ikonik Sanrio. 

Melalui inisiasi kampanye ini, Sanrio berupaya untuk mengedukasi para pelanggan dan mitra bisnis terkait pentingnya hak kekayaan intelektual dan risiko yang dimunculkan dari produk-produk palsu kepada pelanggan, mulai dari kualitas produk di bawah standar hingga potensi isu atas keamanan produk.

Sebagai kawasan dengan komunitas penggemar yang besar, Asia Tenggara menjadi fokus kampanye ini. Sanrio menyoroti berbagai risiko dari produk tidak resmi, seperti kualitas yang tidak terjamin dan potensi bahaya bagi konsumen.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Kampanye bertajuk “Sanrio Menghargai Nilai-nilai Autentisitas” ini berlandaskan filosofi Minna Nakayoku (Menjalin Kebersamaan) dan visi One World, Connecting Smiles (Satu Dunia, Menjalin Keceriaan), yang menekankan pentingnya memilih produk asli.

Dalam upaya menyebarluaskan pesan ini, Sanrio menggandeng kreator digital dari masing-masing negara untuk berbagi pengalaman mereka dengan produk Sanrio serta mengajak masyarakat lebih peduli terhadap produk asli. 

Sejumlah kreator terlibat dalam kampanye ini termasuk Ang Chiew Ting (@bongqiuqiu), Fauzi Aziz (@mynameisfauzi), dan Leah Shannon (@mizchiefmagik) dari Singapura, Phavida Chiddaycha (@icepadie), Ajummabakorea (@ajummabakorea), dan Birdie Parva (@birdieparva) dari Thailand, serta Sunny Dahye (@sunnydahye), Andre Hendarto (@andrehendarto), dan Meissie (@meissieeee) dari Indonesia.

Selain itu, kampanye ini juga hadir melalui berbagai platform, seperti iklan luar ruang dan digital yang tersebar di berbagai titik strategis, termasuk pusat transportasi publik serta kawasan komersial di tiga negara. 

Kampanye dilakukan dengan pendekatan yang mencakup forum daring dan kolaborasi dengan media lokal untuk memperluas jangkauan edukasi terkait perlindungan IP serta mendukung strategi jangka panjang Sanrio dalam mengembangkan pengalaman digital serta memperluas akses terhadap produk resmi bagi para penggemarnya di berbagai negara. 

Selama puluhan tahun, Sanrio telah berdedikasi dalam membangun ikatan emosional dengan para penggemar dan menghadirkan kebahagiaan melalui karakter-karakter Sanrio. 

“Dengan melindungi hak kekayaan intelektualnya, Sanrio memastikan seluruh karakter yang digemari senantiasa terus menghadirkan keceriaan bagi generasi di masa mendatang," kata perwakilan Sanrio dalam keterangan tertulisnya yang diterima Minggu (23/3/2025)

Karakter Hello Kitty diciptakan pada tahun 1974 oleh Yuko Shimizu yang saat itu bekerja di Sanrio. Saat ini, karakter dan kartun Hello Kitty telah berkembang ke dalam industri hiburan dengan beragam rangkaian konten, permainan, dan taman hiburan.

"Melalui kampanye ini kami berupaya untuk mengedukasi para penggemar dan mitra bisnis terkait pentingnya hak kekayaan intelektual dan risiko yang dimunculkan dari produk-produk palsu," ucapnya.

Kampanye "Sanrio Menghargai Nilai-nilai Autentisitas" ini sendiri berakar dari filosofi panjang Minna Nakayoku (Menjalin Kebersamaan) dan terinspirasi dari visi One World, Connecting Smiles (Satu Dunia, Menjalin Keceriaan) menjadi dasar untuk memberdayakan individu dalam membuat pilihan yang tepat.

Dia mengungkapkan untuk  menjangkau audiens yang lebih luas, kampanye tersasar ini juga disampaikan melalui aplikasi berita dan platform media sosial untuk meningkatkan engagement.

"Upaya ini selaras dengan strategi Sanrio untuk mengedukasi pelanggan, memperkuat perlindungan kekayaan intelektual, dan menumbuhkan budaya yang menekankan autentisitas di seluruh kawasan," tutupnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut