Masyarakat Kini Lebih Selektif Pilih Produk Kesehatan Halal

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya produk kesehatan bersertifikasi halal terus meningkat. Fenomena ini mencerminkan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini tidak hanya mempertimbangkan efektivitas produk, tetapi juga aspek kehalalan dan keamanan bagi tubuh.
“Dari survei Top Halal Index 2025 yang kami lakukan, produk koyo pereda nyeri menjadi salah satu kategori baru yang diperhatikan masyarakat dalam memilih produk kesehatan,” kata Direktur Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) Marketing Research Evrin Lutfika di Jakarta, Kamis (16/10/2025).
Dia menjelaskan, penilaian itu di dapat dari survei yang dilakukan terhadap 1.800 responden di berbagai kota besar. Hasilnya, Salonpas, merek koyo pereda nyeri menempati posisi teratas untuk kategori koyo dengan nilai indeks 8,491 dari 10 dan meraih predikat “Top Halal Award 2025” untuk kategori koyo, dengan capaian indeks 8,491 dari 10 poin.
“Pencapaian ini menandai meningkatnya perhatian publik terhadap kehalalan produk nonpangan, termasuk obat dan pereda nyeri. Selain itu, menjadikan merek itu menjadi produk kesehatan yang terpercaya pilihan masyarakat,”tegas dia.
Menurut dia, kini masyarakat semakin memperhatikan label halal pada produk-produk seperti obat luar, vitamin, suplemen, hingga koyo pereda nyeri. Tren ini juga meningkatnya kesadaran konsumen Indonesia yang merupakan pasar Muslim terbesar di dunia terhadap pentingnya memilih produk kesehatan bersertifikasi halal.
“Ada pergeseran perilaku konsumen yang signifikan. Produk kesehatan kini tidak hanya dinilai dari khasiat, tetapi juga dari jaminan kehalalan proses produksinya,” ujar Evrin.
Sementara itu, President Director PT Hisamitsu Pharma Indonesia, Sato Ryo menegaskan, penghargaan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada konsumen. Karena kehalalan bukan sekadar label, melainkan wujud tanggung jawab dan integritas dalam melayani dan meningkatkan kualitas hidup masyakarat.
“Sebagai merek global, kami bangga dapat beradaptasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai lokal. Kami menyadari, sertifikasi halal adalah jaminan ketenangan bagi masyarakat di Indonesia dalam mengonsumsi produk, termasuk pereda nyeri,” imbuhnya.
Pada kesempatan yang sama, Senior Product Manager PT Hisamitsu Pharma Indonesia untuk lini Salonpas Koyo, Zulfadli menambahkan, pihaknya memastikan seluruh proses, mulai dari pemilihan bahan baku hingga produksi, telah melalui audit yang ketat dan menyeluruh sesuai standar lembaga sertifikasi halal yang berlaku.
“Keberhasilan ini memperkuat posisi kami di pasar sekaligus menunjukkan produk kesehatan yang kami produksi sudah berstandar mutu internasional dengan prinsip hidup halal. Kami akan terus menjaga konsistensi kualitas dan standar kehalalan ini di masa mendatang,” pungkasnya.
Editor : Elva Setyaningrum