Kisah Keberanian Amji Attak, Ranger Brimob Beretnis Dayak Tak Gentar Hadapi Kapal AL Malaysia

Tim iNews.id
Amji Attak. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Mako Brimob Amji Attak terletak di kawasan Kelapa Dua, Cimangis, Depok, Jawa Barat dengan penjagaan beberapa anggota Brimob di depan pintu gerbang utama.

Namun mengapa Mako Brimob tersebut diberi nama Amji Attak? Siapa dia sesungguhnya.

Amji Attak adalah Ranger Pasukan Pelopor Brimob yang terkenal keberaniannya. Amji Attak beretnis atau suku Dayak Kanayatn, berasal dari Desa Kepayang, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. 

Keberanian Amji Attak tertuang dalam buku "Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, penulis Anton Agus Setyawan dan Andi M Darlis, Januari 2013". 

Dikisakan  Perwira pertama Aipda Amji Attak dan timnya Kompi D Yon 32 Pelopor Brimob diberangkatkan dengan misi penyusupan ke Semenanjung Malaya pada tahun 1965. 

Meski Resimen Pelopor Brimob spesialisasi pertempuran hutan bukan peperangan laut, namun prajurit tidak pernah memilih medan tempur. 
Di mana pun mereka bertemu musuh, maka di situlah medan pertempuran digelar. 

Pukul 08.00 malam, pasukan Pelopor berangkat dari Kampung Kangka di Pulau Bintan dengan tujuan Kota Tinggi di Pantai Timur Malaysia dengan berkendara tiga perahu. 

Pasukan Pelopor dipersenjatai senapan andalan AR 15, pasukan Brimob dan sukarelawan membawa US Carabine dan Lee Enfield. Tim ini juga dilengkapi pelontar granat antitank jenis F 5 yang terpasang di bawah laras AR 15. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network