Hari Guru Sedunia, Guru Semakin Bergerak dan Menggerakkan

Ire Djafar
Program Guru Penggerak memberikan inspirasi kepada para guru sebagai penggerak untuk lebih percaya diri dalam membangun perubahan yang lebih baik.

Pada peringatan Hari Guru Sedunia, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) mengangkat tema “Suara Guru Adalah Suara Masa Depan Pendidikan.”  Program Officer UNESCO Jakarta, Gunawan Zakki, menyampaikan alasan di balik tema tersebut, yaitu penting untuk mendengarkan dan mengapresiasi suara guru.

“Guru merupakan jantung dari transformasi pendidikan. Oleh sebab itu saatnya sekarang kita untuk mendengarkan suara-suara guru,” tutur Zakki.

Ia menambahkan bahwa dengan mendengar suara guru, maka keputusan yang diambil Kemendikbudristek bagi para pemangku kepentingan akan menjadi keputusan yang sesuai dengan situasi di lingkungan masyarakat Indonesia. Karena itu UNESCO mengampanyekan kepada seluruh masyarakat pendidik di dunia untuk terus bersuara, terus menyampaikan kebaikan-kebaikan, terus bercerita tentang inovasi yang ditujukan kepada pengambil kebijakan.
 
Dalam webinar yang sama, guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Ali Zaenal, memaknai Hari Guru Sedunia dengan aktif menciptakan dan menyuarakan inovasi-inovasi sederhana di sekitarnya dan selalu memberikan yang terbaik untuk menghadapi tantangan dalam memajukan pendidikan. Ia juga menekankan pentingnya dukungan antarguru agar siswa mendapatkan pendidikan terbaik.
 
Baginya, melalui program Merdeka Belajar, ia bisa mendapatkan ruang yang lebih luas untuk secara bertahap mencapai pendidikan yang lebih baik melalui inovasi, sehingga para guru dapat menciptakan ide-ide dan mewujudkan lingkungan yang menarik bagi siswa, namun tetap kontekstual.



Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network