UMKM Binaan Pertamina, "Cokelat Cangcomak" Sukses Go Digital hingga ke Berbagai Daerah di Indonesia

Yori Farli

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Makanan ringan berbahan kacang yang dilapisi cokelat, Cangcomak, berhasil menarik perhatian pasar online. Melalui platform online shop, produk Cangcomak kini telah tersebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sebagai UMKM binaan Pertamina, Cangcomak telah mengambil langkah besar dalam digitalisasi untuk memperluas jangkauan pasarnya. Dengan memanfaatkan platform digital, Cangcomak tidak hanya meningkatkan visibilitas produknya, tetapi juga memudahkan konsumen dari berbagai daerah untuk mengakses produknya.

Langkah ini mempermudah pemiliknya, Salmi Sufraini, untuk menjual produk rumahan ke seluruh Indonesia. Cangcomak, yang merupakan kependekan dari "kacang cokelat emak", terinspirasi dari sang ibu. Awalnya, Cangcomak hanya menawarkan varian kacang tanah berlapis cokelat. Namun, berkat inovasi yang dilakukan oleh Salmi, kini tersedia dua varian tambahan, yaitu kacang mede dan kacang almond.

Salmi mengungkapkan kegembiraannya karena bergabung dalam program UMKM binaan Pertamina. Bantuan permodalan dari Pertamina telah membantu memperkuat dan mengembangkan usahanya. Ia berharap Cangcomak dapat masuk ke pasar ritel modern, sehingga masyarakat Indonesia dan mancanegara dapat menikmati kelezatan resep penuh cinta dari sang ibunda katanya, Senin (21/10/2024).

Inisiatif ini juga sejalan dengan upaya Pertamina dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan mendorong inovasi di sektor UMKM. Ke depan, diharapkan Cangcomak dapat menjadi contoh bagi UMKM lain dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network