Saat Hari Kiamat Ada 3 Golongan Manusia Tidak Diajak Bicara oleh Allah SWT, Nomor 3 Terlalu

Tim Okezone
Ustaz Khalid Basalamah (Foto: Ist)

2. Orang miskin yang sombong

Kemudian golongan kedua adalah orang miskin yang sombong. Sebab ketika orang dalam keadaan miskin, maka tidak ada yang perlu disombongkan.

"Kalau orang kaya sombong, enggak boleh, dosa. Bahkan Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkata 'Siapa di dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari kesombongan maka tidak akan mencium bau surga'," terang Ustadz Khalid.

"Justru jika ada orang yang fakir atau miskin seharusnya bisa lebih merendah, karena dengan tidak ada pemicunya dan menjadi sombong, maka siksaannya lebih berat," tambah dia.

3. Lansia yang berzina

Ketiga adalah orang lanjut usia (lansia) yang berzina. "Mungkin jika anak muda berzina masih ada sebabnya, walaupun itu dosa. Tapi jika sudah orangtua, kakek-kakek, nenek-nenek, itu menjadi tanda tanya, kenapa dia berzina? Tidak ada uzurnya. Tidak ada hajat untuk itu," kata Ustadz Khalid.

Para lansia sebenarnya sudah diberi peringatan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dengan membuat rambutnya beruban, kulit keriput, perubahan dari cantik dan gagah menjadi jelek, itu adalah perubahan yang umum. Belum lagi tenaganya yang kian berkurang, badan membungkuk yang mana seharusnya menjauhi larangan Allah Ta'ala.

"Maka itu, siksaannya akan lebih berat, karena murkanya Allah," jelas dai kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, ini.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network