Logo Network
Network

Jangan Tinggalkan Nilai-Nilai Pancasila dan Kembali ke UUD 1945 Agar NKRI Berdaulat dan Mandiri

Sazili M
.
Sabtu, 26 November 2022 | 18:52 WIB
Jangan Tinggalkan Nilai-Nilai Pancasila dan Kembali ke UUD 1945 Agar NKRI Berdaulat dan Mandiri
Ketua DPD RI LaNyala Mattalitti saat menyampaikan Keynote Speech pada forum Silaturahmi Nasional 2022 Dhipa Adista Justicia Indonesia Intelligence Institute, di Royal Jade Season City, Sabtu (26/11/2022).

JAKARTA, iNews.id - Pancasila sebagai grondslag bangsa sudah mulai ditinggalkan. Imbasnya, terjadi pembusukan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan konsensus nasional untuk kembali kepada UUD 1945 naskah asli.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, pembusukan Indonesia juga dimulai dari hulunya, dari Fundamental Norm-nya.

LaNyalla menegaskan, keinginan untuk kembali kepada UUD 1945 naskah asli telah digagas oleh banyak pihak, terutama para purnawirawan TNI dan Polri. Namun, hingga hari ini belum menemukan jalan.

"Bagi saya hanya ada satu jalan, yaitu konsensus nasional. Dengan mendorong Presiden untuk melakukan dekrit kembali ke Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli. Lalu segera kita bentuk tim atau komite untuk melakukan amandemen kekurangan dari konstitusi asli tersebut melalui teknik addendum," tegas LaNyalla saat menyampaikan Keynote Speech pada forum Silaturahmi Nasional 2022 Dhipa Adista Justicia Indonesia Intelligence Institute, di Royal Jade Season City, Sabtu (26/11/2022).

Senator asal Jawa Timur itu menegaskan komitmennya untuk terus menjalankan ikhtiar agar Indonesia kembali berdaulat, mandiri dan berdikari, dengan cara kembali kepada rumusan para pendiri bangsa. 

Sebagai negara majemuk, Indonesia didesain oleh para pendiri bangsa dengan menggunakan Pancasila sebagai perekat. 

"Sehingga sistem demokrasi yang digunakan adalah sistem demokrasi Pancasila, yang identik dengan sistem demokrasi yang berkecukupan," ujar LaNyalla.

Follow Berita iNews Tangsel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.