get app
inews
Aa Read Next : Polisi Sita Tiga Jenis Pisau dalam Kasus Penganiayaan Mahasiswa UNPAM Tangsel saat doa Rosario

Pondok Cabe, Ada Bandara yang Dibangun Jepang Pada 1942

Rabu, 03 Mei 2023 | 13:40 WIB
header img
Pintu masuk Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan. Foto: Ist

PONDOK CABE, iNewsTangsel.id - Pondok Cabe awalnya merupakan sebuah perkampungan kecil di Tangerang Selatan, Banten. Nama Pondok Cabe sendiri berasal dari kata pondok yang berarti rumah kecil atau tempat tinggal sementara, dan cabe yang berarti cabai. Nama ini konon berasal dari keberadaan banyak tanaman cabai di daerah tersebut.

Pondok Cabe menjadi lebih terkenal ketika pada tahun 1942, Jepang mendirikan lapangan terbang di daerah tersebut untuk kepentingan militer.

Setelah kemerdekaan Indonesia, lapangan terbang tersebut diambil alih oleh Tentara Nasional Indonesia dan kemudian oleh Angkatan Udara Indonesia.

Pada tahun 1981, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengembangkan lapangan terbang Pondok Cabe menjadi sebuah bandara kecil yang dapat digunakan untuk penerbangan domestik. Bandara Pondok Cabe resmi dioperasikan pada tahun 1986.

Sejak itu, Bandara Pondok Cabe berkembang menjadi pusat kegiatan penerbangan sipil dan militer di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Meskipun tidak sebesar bandara-bandara internasional di Indonesia, Bandara Pondok Cabe tetap menjadi salah satu bandara penting di Indonesia yang melayani penerbangan domestik dan regional.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut