get app
inews
Aa Text
Read Next : Kemasan Edisi Khusus Le Minerale Wujud Nyata Apresiasi dan Dukungan Bagi Para Atlet Sepak Bola

Pertarungan Bisnis AMDK, Pakar Sebut bak David versus Goliath

Jum'at, 21 Juli 2023 | 13:32 WIB
header img
Foodcourt Sempur Bogor kawasan UMKM pedagang kaki lima yang tadinya terlihat kurang layak menjadi sangat indah dan nyaman. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Pertempuran bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) rupanya menarik perhatian berbagai pakar bisnis untuk turut memberikan analisisnya. 

Terbaru, konsultan manajemen dan inovasi kenamaan Dr. Indrawan Nugroho dalam kanal Youtubenya dengan nama yang sama mengulas persaingan bisnis di industri yang bernilai triliunan rupiah tersebut dan menyebutnya, bak perjuangan David versus Goliath, merujuk pada kisah legendaris di masa lampau yang menggambarkan pihak kecil, lemah dan tak diperhitungkan justru mampu mengalahkan musuhnya yang jauh lebih besar, kuat dan berpengalaman. 

Kisah tersebut belakangan menimbulkan David vs Goliath moment di berbagai bidang, termasuk bisnis. Misalnya, ketika merek baru hadir di pasar dan sukses merebut pangsa pasar pesaing lama, ini pun disebut momen David vs Goliath. 

Indrawan, founder dan CEO Corporate Innovation Asia (CIAS) dalam kanal Youtube-nya yang telah memiliki ratusan ribu subscriber menilai, para merek pendatang baru AMDK seperti Cleo, Club dan Le Minerale rupanya telah menggoyang kemapanan Aqua selaku pemimpin pasar. 

“Apa yang membuat kisah ini semakin menarik adalah karena adanya gerakan masif dan strategis dari para pemain kecil di industri ini yang berupaya untuk menggoyang kedigdayaan Sang Penguasa pasar. Ini adalah kisah, David versus Goliath,” jelas Indrawan dalam video Youtube yang bertajuk Ketika Si Kecil Melawan Raksasa AMDK. 

Siapa Tumbang? Yang diunggah pada 13 Juli 2023 di kanal Dr. Indrawan Nugroho. Video lengkapnya bisa disimak di tautan berikut ini, https://www.youtube.com/watch?v=q8wU0Ecl37Y&ab_channel=Dr.IndrawanNugroho. 
Pasar AMDK di Indonesia sendiri sangat masif.

Data dari Statista pun menyebut bahwa nilai pasar AMDK Indonesia di tahun 2022 mencapai US$ 10,24 miliar atau Rp 152 triliun di 2022 atau kelima terbesar di dunia yang digarap oleh 900 perusahaan dengan 2 ribu merek lebih. 

Statista juga meramal angka ini masih terus bertumbuh 26,5% dalam lima tahun ke depan menjadi US$12,95 miliar.  Berbagai merek pun menggunakan jurus masing-masing untuk merebut hati dan dompet masyarakat Indonesia. 

Seperti Le Minerale yang disebut Indrawan menggunakan strategi pemasaran edukatif yang menekankan benefit air mineralnya yang mengandung unsur mineral baik. 

Sementara Cleo mengibarkan pesan bahwa airnya mengandung oksigen murni yang seimbang sehingga menyegarkan. Berbagai merek pun aktif beriklan dan memperkuat saluran distribusinya dengan jurus masing-masing.

Agus Hermanto Dosen Periklanan Universitaas Muhamadiyah Jakarta menyebutkan, Le Minerale memiliki kekuatan dengan iklan yang gencar dan distribusi, alias placing yang massif. 

“Le Minerale pun memberikan insentif yang lebih menarik ke jaringan distribusinya, sehingga mereka lebih tertarik memasarkan Le Minerale, “ jelas Agus ketika dihubungi melalui sambungan telepon. 

Agus melanjutkan, dalam strategi branding selain visi, dan misi, perlu juga eksistensi berkomunikasi ke pasar. Sebagai produsen, promosinya pun tak hanya ke masyarakat. Tapi juga pasar jaringan distribusi yakni pedagang kecil, besar, wholesaler. 

Le Minerale yang didukung induknya, Mayora juga aktif menggelar CSR. Seperti yang dilakukan di Bogor dengan membangun secara cuma-cuma fasilitas foodcourt di berbagai lokasi dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor.  

Sehingga kawasan UMKM pedagang kaki lima yang tadinya terlihat kurang layak menjadi sangat indah dan nyaman seperti di Foodcourt Sempur dan di Foodcourt Bogor Creative Center. 

 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut