get app
inews
Aa Read Next : Dirut PLN Icon Plus: Aplikasi PLN Mobile dapat Mengecek Lokasi SPKLU Terdekat Sepanjang Rute

350 Pohon Sawo dan Nangka Diberikan LPS Tanami di Sungai Maninting, Lembaga Ini: Untuk Cegah Banjir

Minggu, 30 Juli 2023 | 15:26 WIB
header img
Direktur Eksekutif Hukum LPS, Ary Zulfikar menyerahkan 350 pohon sawo dan nangka sebagai bagian program CSR Optimal DHUK kepada Kades Mambalan sekaligus pembina Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan, Apink pada Jumat (29/7/2023).

LOMBOK BARAT, INewsTangsel.Id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengandeng Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan dalam pelestarian lingkungan berupa pemberian 350 pohon sawo dan pohon nangka di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (29/7/2023).

Direktur Eksekutif Hukum LPS, Ary Zulfikar mengatakan penyerahan pohon-pohon tadi sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Optimal Direktorat Hukum (DHUK) LPS di Desa Mambalan yang diharapkan bisa memberikan manfaat pada masa depan.

“Selain untuk mengembalikan ekosistem di sepanjang sungai Meninting, saya berharap program ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar di kemudian hari,” katanya. 

Program penghijauan di sepanjang sungai Meninting akan ditanam pada 5 Agustus 2023 ditujukan LPS dapat menjadi tanggul alam untuk mencegah banjir. Pasalnya, beberapa waktu lalu pihaknya mendapat informasi telah terjadi bencana ini di sana. 

“Selain untuk mendukung program ketahanan pangan, kami berharap program penanaman pohon di sepanjang sungai ini bisa mencegah terjadinya luapan air sungai Meninting itu sendiri,” ujarnya. 

Pemberian 350 pohon sawo dan pohon nangka kepada Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan di Lombok Barat juga jajaran DHUK LPS seperti Direktur Group Litigasi LPS, Arie Budiman.

Kemudian, beberapa pejabat lainnya antara lain Yudianta M.N. Simbolon dan Tatit Triyanto. 

“Disamping itu, penanaman pohon ini kami harapkan bisa menjadi arena bermain baru untuk warga Mambalan,” ujar Ary Zulfikar. 

Sebelumnya, LPS juga telah bekerjasama dengan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan dalam pelestarian lingkungan berupa penyaluran bantuan 200 pohon flamboyan di kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

“Sayangnya, setelah pohonnya hidup, pihak pengelola kawasan Mandalika justru mengganti pohon-pohon flamboyan itu dengan jenis bunga dan pohon lain,” tutur Kepala Desa (Kades) Mambalan sekaligus pembina Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan, Apink. 

Apink berharap kerjasama Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan dengan LPS bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Apalagi, pembangunan Bendungan Meninting sedang menjadi salah satu program strategis nasional.

“Tentu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran dan kepedulian LPS dalam pelestarian lingkungan,” tuturnya. 

Editor : Mochamad Ade Maulidin

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut