get app
inews
Aa Read Next : Penjualan Isuzu di GIIAS 2023 Meningkat, Berhasil Jual 757 Unit Kendaraan

Isuzu Indonesia Mengembangkan Jaringan yang Lebih Berorientasi pada Kebutuhan Konsumen

Selasa, 29 Agustus 2023 | 13:10 WIB
header img
Isuzu menyadari layanan purnajual yang handal sangat dibutuhkan pelanggan.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kombinasi layanan purna jual Isuzu Indonesia yang lengkap dan terpadu diwujudkan melalui jaringan suplai spare part di seluruh Indonesia. Selain dikenal dengan produk yang andal dengan teknologi diesel modern common rail Euro 4, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), terus mengupayakan layanan purnajual yang paripurna.

Khusus untuk distribusi suku cadang, diawali dengan ketersedian Part Shop, Part Depo, dan Mini Depo. Seluruhnya merupakan perwakilan jaringan suku cadang Isuzu yang mencakup ke pelosok tanah air. Lebih cepat tersedia, tanpa harus menunggu kiriman dari kantor pusat.

Melalui jaringan suku cadang Isuzu yang lengkap dan terpadu, diharapkan mampu menuntaskan kebutuhan konsumen terkait ketersedian suku cadang genuine Isuzu. Terlebih kendaraan niaga merupakan alat kerja yang mutlak beroperasi 24 jam setiap harinya. Sehingga perlu dukungan optimal dari segi service dan spare part.

“Part Depo memperpendek lead time suplai. Misal kebutuhan spare part di Indonesia Timur, sebelum kita punya Part Depo, kiri, ke Makassar jangka waktu bisa sampai 2 minggu. Tetapi dengan adanya Part Depo di Makassar, maka pengiriman kurang dari 1 hari sparepart sudah sampai. Begitupun di Manado 1 hari sampai. Kita ingin memberikan pelayanan lebih cepat,” terang Budhi Prasetyo, Parts and Service Business Solution Division Head, PT IAMI, Selasa (29/8/2023).

Masih menurut Budhi, upaya mendekatkan layanan sparepart genuine Isuzu merupakan bagian dari komitmen IAMI untuk menjadi partner konsumen. Sesuai tagline kami Real Partner, Real Journey. Kami ingin selalu bersama konsumen, menemani dan melayani setiap perjalan bisnis customer,” imbuh Budhi.

Part Depo difokuskan sebagai lokasi penyimpanan spare part, yang nantinya akan didistribusikan kepada customer melalui perantaraan dealer, bengkel dan part shop.

“Jenis suku cadang yang tersedia di Part Depo, terutama part fast moving dan medium moving. Saat ini, Part Depo Isuzu tersebar di 3 kota. Yakni Makassar, Palembang, dan yang terbaru di Medan. Kedepannya kita akan tambah 2 depo lagi untuk memperluas  lagi coverage-nya. Kita terus eveluasi, apa saja kebutuhan customer guna mempercepat akses terhadap suku cadang Isuzu Genuine,” sambung Budhi.

Konsep layanan purna jual terintegrasi, Part Depo Isuzu di kawal berlapis dengan ketersedian Part Shop yang kini berjumlah 1.728 Part Shop di 257 kota dan kabupaten. “Konsepnya adalah network coverage, kalau customer ke dealer mungkin terlalu jauh. Oleh karenanya kita menggandeng Part Shop untuk turut serta mendistribusikan Isuzu Genuine Part. Tentunya jaringan Part Shop juga akan akan terus bertambah,” ungkap Budhi.

          Dilanjut, makin lengkap dengan ketersedian Mini Depo. “Fungsinya memberikan backup untuk outlet-outlet terdekat, dalam memperoleh spare part medium to slow moving. Oleh karenanya kita tempatkan Mini Depo yang kemungkinan dibutuhkan di area tertentu. Contohnya komponen perkabelan, komponen kaki-kaki yang mencakup gigi transmisi dan gigi gardan. Jumlah Mini Depo saat ini ada di 12 lokasi,” beber Budhi lagi.

          Melalui Part Depo, Part Shop dan Mini Depo, Isuzu Indonesia terus berupaya mengembangkan jaringan yang lebih berorientasi pada kebutuhan konsumen. Kesiapan dan pengalaman Isuzu Indonesia dengan teknologi diesel modern common rail Euro 4, semakin meyakinkan konsumen dengan ketersediaan suku cadang yang tak hanya tersedia di kota-kota besar, tetapi juga menjangkau pelosok Indonesia.

Bahkan Isuzu Indonesia juga menghadirkan mekanik bengkel resmi yang "berkantor" di tempat usaha customer. Istilahnya, Mechanic On Site (MOS) Isuzu, terutama di lokasi usaha fleet customer. “Segmen komoditas, contoh mining dan agro itu kan spesifik di area tertentu, itu kita jangkau pakai MOS. Jumlahnya bertambah terus, menyesuaikan kebutuhan. Tujuannya demi meminimalkan down time, sehingga problem-problem kendaraan langsung dieksekusi di tempat,” terang Budhi.

Isuzu menyadari layanan purnajual yang handal sangat dibutuhkan pelanggan. Oleh karenanya, kombinasi layanan purnajual yang optimal menjadi penting. Sesuai slogan Isuzu Real Partner, Real Journey. Kami berjuang bersama konsumen meraih kesuksesan, dimanapun dan kapanpun.

“Dengan kombinasi kita punya Part Center di Jakarta, dipadu Depo dan Mini Depo. Kemudian ada dealer dan Part Shop. Maka ketersedian spare part cukup lengkap, semua kebutuhan customer terpenuhi dengan layanan yang prima,” jelas Budhi merinci.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut